Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah, Bisa Bikin Lebih Bersih & Glowing

6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Jeruk nipis tak hanya nikmat dijadikan minuman segar, namun juga punya banyak manfaat. Ini uraiannya…

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Tak hanya untuk kesehatan dan kesegaran, namun juga untuk kecantikan khususnya kulit wajah. 

Manfaat jeruk nipis untuk wajah tersebut tidak lepas dari berbagai kandungan zat berkhasiat yang dimiliknya.

Dalam jeruk nipis terdapat berbagai kandungan alami yang bermanfaat. Menurut Amerika Serikat Food and Drug Administration, nilai harian berdasarkan diet kalori 2.000 kalori perhari menyebutkan bahwa 1 cangkir air jeruk nipis yang segar telah mencukupi 2% kebutuhan harian. 

Di dalamnya terdapat 1 gr protein, 0.17 gr total lemak, 20 gr karbohidrat, 1 gr serat serta 60 kalori. Selain itu jeruk nipi juga kaya akan vitamin C. 

Dalam 1 cangkir jeruk nipis saja terdapat 73 mgr vitamin C. Ini artinya telah mencukupi 100% nilai harian yang diperlukan tubuh.

Jeruk nipis juga kaya akan flavanoid. Zat ini berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan zat penting lainnya dalam jeruk nipis adalah kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A dan vitamin B yang dalam jumlah yang lebih kecil. 

Ada juga Asam sitrat, yang merupakan zat paling dominan menyebabkan jeruk nipis memiliki rasa asam getir. Zat ini sangat baik untuk mengurangi penyebaran bakteri.

Nah, karena berbagai kandungan zat dalam jeruk nipis tersebut, tak heran jika jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Kali ini yang akan dibahas adalah khusus tentang khasiat jeruk nipis untuk wajah. Berikut ini rinciannya…

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Ini manfaat yang paling dicari oleh banyak remaja dan kaum wanita. Menghilangkan atau mengatasi jerawat. 

Jeruk nipis mampu membuyka pori-pori kulit wajah lalu membunuh bakteri penyebab jerawat. Hanya saja mungkin akan ada efek terasa perih.

Cara mengatasi jerawat menggunakan jeruk nipis sangat mudah sekali. Siapkan saja 2 buah jeruk nipis lalu belah menjadi 2 kemudian peras dan tampung airnya dalam wadah bersih. 

Ambillah kapas untuk wajah kemudian gunakan untuk mengoleskan air jeruk nipis ke bagian wajah yang berjerawat. Setelah itu diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dan bersihkan dengan air dingin. 

Cara ini akan menunjukkan hasil maksimal jika dilakukan secara rutin selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Mengontrol Minyak Di Wajah

Kelebihan minyak di wajah juga dapat dikontrol dengan jeruk nipis. Asam dalam jeruk nipis mampu meluruhkan minyak berlebih di wajah. 

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Cukup tempelkan irisan-irisan jeruk nipis ke wajah Anda terutama pada bagian yang berminyak. 

Diamkan selama 15 menit kemudian bilaslah menggunakan air bersih. Dengan perawatan kulit sebanyak 2 kali seminggu Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Dapat mencerahkan kulit

Kulit bisa menjadi kusam karena paparan polusi. Tak perlu langsung menggunakan kosmetik mahal ataupun bahan kimia berbahaya. 

Dengan perawatan menggunakan jeruk nipis setiap 2 hari sekali maka kulit kusam akan menjadi cerah kembali.

Belahlah jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian peraslah dan tampung airnya dalam mangkuk bersih. 

Usapkan air jeruk nipis ke wajah Anda untuk meluruhkan kotoran-kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Vitamin C dalam jeruk nipis berfungsi membuat kulit wajah menjadi lebih putih dangan alami. Noda hitam bekas jerawat juga terbukti mampu diatasi oleh buah yang asam ini. 

Dengan perawatan 3 kali dalam seminggu dengan teratur, maka bekas jerawat yang mengganggu penampilan Anda akan segera hilang. 

Cara penggunaannya pun mudah. Bisa dengan diperas lalu dioleskan airnya ke wajah, atau dengan menempelkan langsung irisan buah jeruk nipis ke wajah. 

Namun jangan melakukan perawatan ini jika jerawat sedang meradang, sebab akan terasa sangat perih.

5. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam di wajah bisa terjadi akibat paparan sinar matahari. Nah, manfaat jeruk nipis yang selanjutnya adalah menghapus dan menghilangkan flek hitam. 

Untuk caranya, campurkanlah tepung ke dalam air perasan jeruk nipis kira-kira hingga berbentuk pasta jika diaduk. Selanjutnya oleskanlah pasta tersebut ke wajah Anda. 

Biarkanlah hingga mengering beberapa saat kemudian bilaslah dengan air. Untuk hasil maksimal lakjukan perawatan ini seminggu sekali.

6. Agar Kulit Bersinar

Agar kulit wajah Anda lebih cerah bercahaya, buatlah campuran air hangat, air jeruk nipis dan madu. Oleskanlah campuran ini setiap harinya ke kulit wajah maupun badan Anda. 

Dengan perawatan teratur, maka kulit yang bersinar dan bersih akan Anda miliki.

Itulah ulasan tentang 6 manfaat jeruk nipis untuk wajah. Silakan dicoba untuk melakukan perawatan alami di rumah. Semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah, Bisa Bikin Lebih Bersih & Glowing"