Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Manfaat Buah Naga Merah Yang Penuh Nutrisi

6 Manfaat Buah Naga Merah Yang Penuh Nutrisi

Bisa dibuat jus bahkan jadi bahan masker untuk perawatan, apa saja nutrisi dan manfaat dari buah naga merah?

Buah naga merah merupakan salah satu jenis dari keluarga buah naga. Termasuk yang paling populer dan paling mudah didapatkan. 

Pada postingan kali ini akan lebih umum untuk pembahasan tentang manfaat buah naga merah. Walaupun sebenarnya buah naga warna lainnya juga perlu dibahas, namun ternyata memang tak begitu jauh manfaat dari masing-masing warna buah naga. Seperti buah naga putih, ungu ataupun buah naga kuning.

Seperti diketahui, buah naga banyak tumbuh di Asia Selatan, Asia Tengah dan Asia Tenggara termasuk Vietnam, Thailand, Filipina, dan Indonesia. 

Buah ini mudah dikenali dengan cirinya yang berkulit tebal dengan corak duri lunak dan dagingnya yang bercampur dengan biji buah yang bisa dikonsumsi bersama dagingnya. 

Satu buah naga biasanya memiliki berat sekitar 150-600 gram.

Kandungan Nutrisi Dalam 100 gr Buah Naga

Menurut data yang dilansir situs Alo Dokter, dalam setiap 100 gram buah naga terdapat kandungan sebagai berikut:

– Air 80-90 gram

– Vitamin C 4-25 mg

– Kalsium 6-10 mg

– Karbohidrat 9-14 gram

– Lemak 0.1-0.6 gram

– Serat 0.3-0.9 gram

– Zat besi 0.3-0.7 mg dan Vitamin B3 (niacin) 0.2-0.45 mg

– Fosfor 16-36 mg

– Protein 0.15–0.5 gram

– Vitamin A, B1,B12

Sementara itu, karbohidrat dalam buah naga adalah karbohidrat tidak kompleks. Terdapat juga protein sebesar 2 gram. 

Nah, dengan berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah naga, khususnya buah naga merah, tentunya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini selengkapnya.

6 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh dan Pencernaan

Sebelum ke pembahasan manfaat buah naga merah, perlu Anda tahu bahwa dengan konsumsi satu buah naga merah saja, maka Anda telah memenuhi 8% dari kebutuhan zat besi harian, 15% kebutuhan harian vitamin C, 10% kebutuhan harian terhadap potasium. 

Anda juga mendapat asupan kalsium yang beguna bagi tulang dan gigi. Jadi berikut ini sebagian dari manfaat buah naga merah…

1. Untuk Menjaga Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

Dalam buah naga tidak terdapat lemak trans, kolesterol dan lemak jenuh. Karena itu, jika buah naga dikonsumsi secara teratur dapat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah serta membantu mengontrol kadar kolesterol.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Salah satu penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah adalah kardiovaskular. Selain itu adalagi trigliserida yang merupakan yang bisa ada risiko kelainan berupa kadarnya yang lebih tinggi daripada kadar normalnya. 

Kaitannya dengan manfaat buah naga merah, kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 dalam buah naga merah akan membantu Anda meminimalisir risiko terkena 2 jenis gangguan diatas.

3. Menjaga Sistem Pencernaan dan Mengurangi Kolesterol Jahat

Sementara itu kandungan vitamin B dalam buah naga merah juga punya khasiat tersendiri. Vitamin B1 punya peran dalam peningkatan metabolisme karbohidrat. 

Adapaun vitamin B2 manfaatnya berkaitan dengan kesehatan kulit, sistem pencernaan dan sel darah. Vitamin B2 juga berguna untuk mengurangi kolesteril jahat.

4. Mencegah Kanker Prostat

Buah naga memiliki pigmen merah sehingga berwarna merah. Pigmen ini memiliki kandungan likopen. Manfaatnya adalah diperkirakan bisa mencegah kanker prostat.

5. Menghilangkan Racun dan Logam Berat

Manfaat buah naga merah yang selanjutnya adalah berkaitan dengan kandungan fitoalbumin di dalamnya. Nah, zat ini berfungsi untuk menghilangkan racun dan logam berat dalam tubuh.

6. Manfaat Buah Naga Merah Juga Untuk Pengidap Diabetes

Selain itu, berdasarkan penelitian, mengonsumsi buah naga merah juga bermanfaat untuk meredakan gejala kakunya arteri yang terjadi pada penderita diabetes yang risikonya mengakibatkan gangguan jantung.

Selain 6 manfaat yang telah disebutkan, buah naga merah juga punya manfaat untuk: meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar gula pada diabetes tipe 1. 

Bahkan buah naga merah juga mencegah terjadinya perubahan sel kanker. Buah naga merah juga bermanfaat untuk proses penyembuhan luka, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya ingat dan sebagainya.

Beragam sekali bukan manfaat buah naga merah ini? Karena itu jangan lupa untuk menjadikannya salah satu buah konsumsi harian Anda. 

Oh ya, konsumsi buah naga merah akan menyebabkan air kencing/urine bahkan kotoran saat BAB kadang berwarna kemerahan. 

Namun itu tidak berbahaya karena hanya akibat pigmen merahnya buah naga yang merupakan pewarna alami.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Buah Naga Merah Yang Penuh Nutrisi"