Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat Dan Tips Menghindarinya

6 Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat Dan Tips Menghindarinya

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk perawatan wajah Anda. Namun disisi lain juga harus memperhatikan bahaya yang harus dihindari …

Sudah bukan rahasia lagi kalau salah satu masalah besar para wanita adalah jika tumbuh jerawat di wajah mereka. 

Khususnya pada remaja hingga para gadis 20 tahunan, akan sangat resah jika memiliki jerawat.namun Anda tidak usah khawatir, karena ada bahan alami berupa bawang putih yang memiliki manfaat besar untuk wajah. Yaitu bawang putih bermanfaat untuk menghilangkan jerawat membandel.

Jerawat sendiri memang ada beberapa bentuk. Ada jerawat kecil dan ada jerawat batu. 

Diantara keduanya, jerawat batu lah yang menimbulkan keluhan karena selain terasa sakit juga mengakibatkan timbulnua bekas luka alias bopeng.

6 Cara Memperoleh Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat

Jerawat sering disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi ketika ada percampuran sel kulit mati dengan kotoran dan sebum. 

Sebum merupakan zat yang dihasilkan oleh kelenjar minyak untuk mencegah kekeringan kulit. Percampuran yang dihinggapi bakteri itu mengakibatkan munculnya jerawat.

Adapun bawang putih memiliki kandungan alicin yang secara alami bermanfaat sebagai anti bakteri. 

Dengan zat Alizin ini bakteri penyebab jerawat akan lenyap sehingga wajah pun bebas dari jerawat. Nah, berikut ini 6 cara mendapat manfaat bawang putih untuk mengatasi jerawat.

1. Iris dan Tempel

Ini adalah cara paling simpel alias mudah untuk menerapkan manfaat bawang putih untuk jerawat. Irislah 2-3 siung bawang putih. 

Selanjutnya tempelkan lalu gosokkan irisan bawang putih ke wajah yang berjerawat atau sedang radang. 

Diamkan menempel sekitar 5-10 menit lalu bilaslah dengan air sampi bersih. Dengan melakukan perawatn ini setiap hari, maka Anda akan mendapat hasil yang maksimal.

2. Campurkan Dengan Cuka Dapur

Cara selanjutnya untuk menyembuhkan jerawat dengan bawang putih adalah dengan mencapurnya dengan cuka dapur. 

Haluskanlah 3 siung bawang putih. Lalu campurkan dengan ½ sendok makan cuka dapur. 

Oleskanlah campuran bawang dan cuka ini ke bagian wajah yang berjerawat lalu diamkan beberapa menit. Baru kemudian bilas dengan air bersih. 

Untuk hasil maksimal lakukan perawatan ini setiap harinya.

3. Campurkan Dengan Madu Dan Yoghurt

Cara selanjutnya untuk memanfaatkan bwang putih adalah dengan mencampurkan pada madu dan yoghurt. Haluskanlah 4 siung bawang putih lalu tambahkan satu sendok madu dan dua sendok yoghurt. Aduk campuran ketiga bahan tersebut hingga merata. 

Untuk pemakaian, oleskanlah pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilaslah dengan air bersih.

4. Campurkan Dengan Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk wajah. Nah, kali ini minyak zaitun akan digabungkan dengan bawang putih serta jeruk nipis untuk mengatasi masalah jerawat. 

Haluskan 3 siung bawang putih. Belah jeruk menjadi dua bagian lalu peras airnya. 

Campurkan air perasan jeruk nipis dengan bawang putih yang telah halus lalu tambahkan pula setengah sendok teh minyak zaitun. Aduk campuran tersebut hingga merata.

Cara pemakaiannya, oleskan campuran tersebut pada wajah dan bagian yang berjerawat. Diamkan meresap kira-kira selama 30 menit. Terakhir bilaslah dengan air bersih.

5. Campurkan Dengan Putih Telur

Cara selanjutnya menggunakan manfaat bawang putih untuk jerawat adalah dengan mencampurkan putih telur. Campurkan saja putih telur dengan 3 siung bawang putih yang telah dihaluskan lalu aduk merata. Selanjutnya oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit. Dan terakhir bilaslah dengan air bersih dan sabun wajah.

6. Menambah Takaran Bawang Putih Dalam Masakan

Jika Anda mengalami iritasi atau alergi terhadap bawang putih yang dioleskan ke kulit, maka cara memperoleh manfaat bawang putih untuk jerawat yang palin g tepat adalah dengan mengonsumsinya. 

Pengobatan dalam ini tak bisa secepat pengobatan luar yang dioleskan langsung. Namun merupakan solusi jitu menghindari iritasi kulit. 

Tambahkan saja porsi bawang putih dalam masakan sehari-hari Anda. Dengan begitu Anda tidak lagi repot membuat campuran bawang putih, namun sudah bisa sambil masak.

Bahaya Bawang Putih Untuk Jerawat Yang Harus Diperhatikan

Meskipun bermanfaat, namun bawang putih juga memiliki efek samping yang harus dihindari. 

Sifatnya yang menimbulkan rasa panas kadang membuat sebagian jenis kulit ada yang alergi dan bereaksi iritasi. Sehingga jerawat bukannya sembuh tapi malah kian parah.

Beberapa efek samping akibat tidak cocok memakai bawang putih adalah timbulnya gatal pada jerawat, timbulnya flek hitam dan rasa perih.

 Jika begini, maka jangan diteruskan pemakaian bawang untuk jerawat. Agar tidak timbul flek hitam, maka ketika jerawat jadi gatal atau perih hentikanlah pemakaian.

Selain itu, efek lain akibat panas dari bawang putih adalah timbulnya melepuh pada jerawat. Rasa panas yang dipicu bawang putih juga bisa berakibat munculnya peradangan. 

Dan yang paling umum efek dari bawang putih untuk jerawat adalah rasa panas. Jika rasa panasnya sudah seperti terbakar maka itu sudah tidak wajar dan pemakaian bawang putih harus dihentikan.

Tips Mencegah Bahaya Bawang Putih

Lakukan tips berikut ini agar Anda yang ingin menggunakan manfaat bawang putih untuk jerawat bisa lebih berhati-hati.

1. Kenalilah Jenis Kulit

Sebelum memilih bawang putih untuk mengobati jerawat, sebiknya Anda kenali dulu jenis kulit Anda sendiri. Kulit sensitif akan mudah bereaksi iritasi dan pembengkakan jika menggunakan bawang putih. Jika kulit Anda tergolong sensitif maka sebaiknya beralih ke bahan lain yang lebih aman seperti lidah buaya ataupun timun.

2. Cobalah Dibagian Kulit Lain Dulu

Cobalah untuk mengoleskan ramuan bawang putih yang Anda buat pada bagian tubuh atau kulit yang tersembunyi selain wajah. Bisa di bagian belakang telinga misalnya. 

Jika tidak ada reaksi berbahaya, maka bisa diteruskan ke wajah yang berjerawat.

3. Gunakan Saja Sarinya

Ternyata permasalah iritasi kebanyakan disebabkan cara menggunakan bawang putih yang dioleskan langsung ke kulit wajah. 

Nah, untuk menghindari iritasi ataupun reaksi sensitif kulit Anda, buatlah sari bawang putihnya. 

Haluskan bawang putih lalu peras dan ambil airnya kemudian campurkan dengan bahan lain yang telah dibahas diatas. Dengan begini maka Anda akan aman dari efek samping bawang putih pada wajah.

Demikianlah ulasan tentang 6 cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk jerawat. Dilengkapi dengan bahaya dan tips menghindari bahaya bawang putih. 

Semoga bisa menambah referensi obat herbal Anda dan keluarga. Selamat mencoba.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat Dan Tips Menghindarinya"