Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat temulawak memang sangat banyak. Terlebih lagi di negara Indonesia ini banyak sekali ditumbuhi tumbuhan ini dikarenakan tumbuhan ini sangat senang tumbuh di daerah hutan tropis. 

Tanaman yang mempunyai nama latin dengan Curcuma Xanthoriza ini merupakan family dari Zingiberaceae. 

Tumbuhnya pada ketinggian 1.50 meter di atas permukaan laut dan bisa tumbuh di daerah rendah maupun di daerah dataran tinggi.

Dengan manfaat temulawak kesehatan hati atau radang lambung bisa terlindung dengan tumbuhan rimpang temulawak ini dikarenakan di dalamnya terkandung curcumin yang manfaatnya bisa sebagai anti hepatotoksik dan anti inflamasi (anti radang). 

Ternyata tak hanya itu saja khasiat yang sangat luar biasa yang dimiliki oleh tanaman ini yakni mampu mengatasi tumor atau kanker, batu empedu, radang ginjal dan radang empedu yang mana meurpakan jenis penyakit yang berat.

Manfaat temulawak juga bisa sebagai obat kosmetik untuk kecantikan selain bagi kesehatan manusia. Selain itu juga seringkali digunakan untuk bahan pada produk minuman dan juga sebagai pewarna alami.

Khasiat Temulawak 

Berikut Manfaat temulawak bagi kesehatan maupun bagi kecantikan tubuh, diantaranya:

Rebuslah temulawak sebanyak 2 jari saja jika ramuan ini digunakan sebagai obat yang diminum. 

Selain itu andapun bisa gunakan cara yang lainnya yakni dengan menyeduhnya rimpang yang sebelumnya telah dikeringkan dengan menggunakan air yang mendidih.

Di sisi lain jika anda ingin menggunakan rimpang ini sebagai obat luar, parut rimpang yang sebelumnya telah dicuci hingga bersih. Flek hitam dan jerawat bisa teratasi dengan anda menggunakan masker yang terbuat dari parutan rimpang tadi.

1. Mengatasi Sembelit

Masaklah 1 jari rimpang temulawak dan juga Tamarindus indical atau disebut dengan buah asam. Jangan lupa ditambahkan dengan gula untuk menambah rasa yang manis. 

Gunakan air yang telah mendidih untuk menyeduh rimpang yang sebelumnya telah dipotong tipis-tipis. Sebelum anda meminumnya aduk dahulu hingga larut dengan gula.

2. Mengatasi Jerawat

Sebanyak rimpang temulawak 1 jari anda potong seperlunya yang mana sebelumnya telah dicuci hingga bersih. 

Siapkan pula air bersih sebanyak 4 gelas untuk mendidihkannya hingga tersisa hanya setengahnya saja. 

Setelah ramuan selesai didihkan diamkan hingga dingin lalu setelah itu tambahkan dengan madu untuk menambah khasiat dan cita rasa yang dihasilkan. 

Minumlah ramuan ini 1 gelas saja namun rutin selama sehari 2 kali.

3. Mengobati Diare

Panggang hingga menjadi halus dari rimpang temulawak sebanyak ½ ibu jari. Haluskan ramuan tersebut dengan menggunakan gilingan, setelah itu gunakan air panas sebanyak ½ cangkir untuk menyeduhnya. 

Minum ramuan yang sebelumnya telah ditambahkan dengan menggunakan madu sebanyak 1 sendok makan. Ramuan ini dapat anda minum sehari 2 kali sampai sakit yang anda rasakan sembuh.

4. Mengobati Hepatitis

Parut rimpang temulawak yang masih dalam kondisi masih segar sebesar 2 jari lalu kupas hingga bersih. 

Siapkan pula madu sebanyak 1 sendok makan, air ½ cangkir untuk mendidihkannya. Kemudian ramuan tadi anda aduk dan biarkan sampai ngendap. 

Buang ampasnya lalu air yang bening bisa anda minum. 

Hingga sakit yang dirasa telah sembuh selalu lakukan kegiatan ini sehari 2 kali. 

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan beberapa bahan seperti akar alang – alang atau Imperata cylindrical sebanyak 30 gram, temulawak yang telah kering 10 gram dan juga air untuk mendidihkannya sebanyak 3 gelas saja dan tunggu hingga hanya tersisa 1 gelas.

Setelah ramuan telah dingin sebanyak sehari 2kali minum air ramuan yang sebelumnya telah disaring.

5. Mengobati Wasir

Siapkan temulawak ukurannya seperti jari, ¾ jari kelembak atau Rheum officinalle Baill, Centlla asiatica atau pegagan 1 genggam, daun saga 1 genggam dan 3 jari gula neau. Kemudian semua bahan di cuci hingga bersih lalu dipotong. 

Dengan menggunakan air sebanyak 5 gelas rebus semua bahan tersebut sampai tersisa setengahnya saja. Masing – masing 1/3 bagian minum air saringan yang telah dingin tadi sehari 3 kali. 

Dan supaya hasil yang diperoleh bisa maksimal lakukanlah dengan teratur.

Pengolahan Temulawak Di Zaman Modern

Di jaman yang lebih modern ini kita seringkali menemukan berbagai ramuan yang berbahan dasar temulawak yang di kemas dalam bentuk serbuk, drag (tablet salut gula) maupun yang bentuknya tablet. 

Cara untuk menggunakannya yakni apabila digunakan pemakaiannya 1 kali saja maka sehari 3 kali 2 tablet atau 1 bungkus dari sari temulawak tersebut seharinya yakni sebanyak 2 bungkus saja untuk mendapatkan manfaat temulawak.

Selain itu supaya fungsi ginjal tidak terganggu maka apabila menggunakan perasan dari air rimpang yang masih dalam kondisi mentah yakni yang mana tidak diseduh dengan menggunakan air panas atau yang tidak direbus maka agar tepungnya tidak terminum maka ramuan ini endapkan terlebih dahulu. Namun apabila telah di masalah tepung dari temulawak ini bisa dikonsumsi. 

Cara yang dipakai memang sangat mudah yakni rimpang temulawak diparut lalu sebelum diendapkan diperas terlebih dahulu. 

Supaya warna kuning hilang dan baunya hilang maka selama beberapa kali airnya bisa diganti. Hingga akhirnya bisa digunakan ramuan ini yang mana bertujuan mendapatkan manfaat temulawak.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh"