Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Faktor Yang Memicu Ketombe Muncul Pada Rambut

5 Faktor Yang Membuat Ketombe Muncul Pada Rambut

Ketahui dengan betul penyebab ketombe pada rambut. Pada kulit kepala terjadinya pengelupasan kulit mati yang secara berlebihan disebut dengan ketombe.

Apabila pengelupasan tersebut jumlahnya sedikit maka merupakan kejadian yang sangat alami dan wajar apabila sel-sel yang mati dan terkelupas itu. 

Tetapi ada juga secara terus-terusan atau sering disebut dengan kronis ataupun sekali-sekali orang mengalaminya, yakni dengan disertai pemerahan dan iritasi serta pengelupasannya dalam jumlah yang besar. 

Dengan sampoo khusus atau pengobatan bebas kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan.

Infeksi jamur atau kutu rambut, psoriasis, seborrhoeic dermatitis merupakan gejala penyebab ketombe. 

Yang perlu anda perhatikan adalah hindarilah dalam menggaruk kepala secara berlebihan apabila mengalami ketombe, karena resiko terjadinya infeksi akan dapat anda alami, terutama yang dapat menyerang adalah bakteri dari streptococcus dan staphylococcus aureus. 

Jika mengalami ketombe maka kebanyakan orang akan mengalami isu sosial dan bagi penderitanya kepercayain diri akan dapat hilang saat berada di muka umum meskipun sebenarnya resiko terbesar dari ketombe ini adalah akibat bakteri tersebut. 

Oleh karena itu sebagai alasan murni sosial maka pengobatan secepatnya merupakan tindakan yang penting untuk dilakukan.

Rasa percaya diri akan dapat turun dan penampilan juga akan terganggu apabila mempunyai ketombe. Namun tahukah anda apa penyebab dari ketombe itu sendiri ?

5 Penyebab Rambut Berketombe

5 Faktor Yang Memicu Ketombe Muncul Pada Rambut akan segera di bahas di bawah ini, diantaranya:

1. Jamur

Jamur juga dapat sebagai salah satu penyebab terjadinya ketombe. Malassezei merupakan nama jamur pada kulit kepala dan setiap orang memilikinya. 

Pada kulit kepala yang mempunyai fungsi untuk mencerna minyak adalah jamur ini. Anda akan baik – baik saja apabila jika jumlah jamur di kulit kepala tergolong normal. 

Namun pergantian sel kulit akan lebih tinggi sebagai akibat dari meningkatnya secara tidak terduga jumlah jamur tersebut dan penyebabnya hingga kini masih belum jelas. 

Oleh karena itu ketombe akan terbentuk dari penumpukkan sel-sel kulit mati yang timbul secara berlebihan.

2. Stress

Salah satu faktor resiko penyebab terjadinya ketombe adalah stress, meskipun stress itu sendiri biasanya tidak menimbulkan ketombe. 

Fungsi normal seluruh tubuh akan terganggu termasuk dengan kulit kepala anda apabila terjadinya tingkat stress yang tinggi. Sehingga hal ini sebagai salah satu pemicu ketombe pada kulit kepala anda.

3. Alergi Shampo

Terhadap suatu produk perawatan kulit, kulit kepala juga dapat mengalami reaksi yang sangat buruk. Hal ini akan mengakibatkan timbul ruam yang dapat menimbulkan rasa gatal, dan menyebabkan pecah-pecah pada kulit kepala. 

Selain itu ketika anda memakai kondisioner, sampo atau pewarna rambut dan saat membilas ataupun mencucinya tidak bersih maka ini juga dapat menjadi penyebab timbulnya ketombe. 

Dan pada orang yang memiliki kulit sensitive kondisi ini akan rentan menyerang mereka.

4. Psoriasis Atau Penyakit Kulit Lain

Kulit bersisik atau tidak merata disebabkan karena adanya penyakit autoimun yang merupakan psoriasis.

Kadangkala kulit akan terkelupas sehingga akan menjadi ketombe atau serpihan karena munculnya gejala ini pada kulit kepala. 

Penyebab munculnya ketombe tak hanya ini saja, eksim atau jenis penyakit kulit lainnya juga dapat menjadi faktor timbulnya ketombe.

5. Kulit Kepala Terlalu Berminyak

Banyak yang mengira ketombe akan lebih rentan menyerang orang yang mempunyai kulit kepala kering, tetapi sebenarnya ini salah. Justru yang lebih rentan terkena ketombe adalah jenis kulit kepala yang berminyak. 

Sel kulit kepala akan terikat sehingga menjadi serpihan yang menebal karena minyak yang ada di kepala meskipun sel-sel kulit akan lebih mudah hilang pada jenis kulit kepala yang kering. 

Apabila anda jarang untuk membersihkan rambut atau keramas maka masalah ini akan lebih parah lagi. Minyak yang berlebih dari kulit kepala akan dapat hilang dengan menggunakan sampo.

Nah, itulah penjelasan yang dapat memberikan pengetahuan untuk anda. 

Oleh karena itu apabila anda tidak menginginkan masalah ketombe pada rambut maka selalu jaga kebersihan anda sendiri agar terhindar dari masalah penyebab ketombe.

Sumber & Referensi
  • https://www.halodoc.com/artikel/kenali-perbedaan-antara-ketombe-dan-psoriasis
  • https://www.alodokter.com/cara-mengatasi-ketombe-akibat-kulit-kepala-berminyak
  • https://cantik.tempo.co/read/1461624/stres-menyebabkan-ketombe-dan-masalah-kulit-kepala-lain-ini-cara-mengatasinya
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "5 Faktor Yang Memicu Ketombe Muncul Pada Rambut"