Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Manfaat Suntik Vitamin C Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4 Manfaat Suntik Vitamin C Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Salah satu solusi tercepat menutrisi vitamin C ke dalam tubuh adalah dengan suntik. Benarkah bermanfaat? Simak ulasannya…

Vitamin C disebut juga Asam Askorbat. Vitamin ini adalah salah satu bagian terpenting dari sistem kekbalan tubu untuk melawan radikal bebas. Asupan Vit. C sendiri bisa barasal dari konsumsi makanan sumber vitamin C, suplemen dan suntik vitamin C. 

Khusus suntik vitamin C, cairan asam askorbat berwarna jernih kekuningan disuntikkan dengan metode lewat otot, lewat di bawah kulit maupun penyuntikan lewat pembuluh. Khusus cara terakhir inilah akan dibahas, yaitu tentang manfaat suntik vitamin C.

Sebagai informasi dasar, rata-rata kebutuhan harian terhadap vitamin C adalah 70-150 mg untuk orang dewasa. 

Sedangkan bagi yang menderita kekurangan vitamin C disarankan menggunakan dosis hingga 300 mg sampai 1 gram.

4 Manfaat Suntik Vitamin C Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menurut situs Alo Dokter, sebenarnya belum ada bukti medis secara penuh tentang manfaat suntik vitamin C. Semua klaim atau informasi manfaat tersebut masih memerlukan penelitian dan pembuktian lebih lanjut. Nah, berikut ini 5 manfaat suntik vitamin C.

Sebagai Penanganan Kekurangan Vitamin C

Seseorang akan diberi tindakan suntik vitamin C jika mengalami penyakit kekurangan vitamin C yang disebut dengan Skurvi. 

Akibat kekurangan vitamin C, yang dalam istilah kedokteran disebut dengan defisiensi vitamin C, seseorang akan berisiko mengalami gusi berdarah, radang gusi, ataupun cacat tulang dan gigi.  

Secara medis, beberapa keadaan seperti batuk rejan, difteri, sinusitis, pneumonia, TBC, dan demama rematik membuat seseorang membutuhkan vitamin C lebih banyak. 

Jadi manfaat suntik vitamin C yang pertama ini adalah untuk pertolongan dalam kondisi sangat membutuhkan vitamin C.

Membantu Proses Pembentukan Kolagen

Vitamin C atau asam askorbat merupakan sumber eksternal yang dibutuhkan dalam proses pembentukan kolagen dan perbaikan jaringan tubuh. 

Kolagen sendiri merupakan protein dalam tubuh kita yang gunanya adalah untuk memberikan kekuatan dan struktur tubuh. 

Bagian tubuh yang terdapat kolagen adalah kulit, otot, tendon dan tulang. Sehingga manfaat suntik vitamin C bisa membantu pmbentukan kolagen sekaligus mencegah kelain tulang dan pembuluh darah akibat kekurangna vitamin C.

Menghambat Sel Kanker

Menurut sebuah penelitian, suntik vitamin C dalam dosisi tinggi bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sela kanker. 

Pada percobaan di laboratorium dan terhadap hewan yang disuntik vitamin C, ternyata pertumbuhan tumor otak, tumor dalam indung telur dan tumor pankreas bosa berkurang. 

Hanya saja hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut apakah hal itu bisa terjadi pada manusia.

Bahkan ada penelitian lain yang justru menghasilkan sebalinya, yaitu anti oksidan dalam dosis yang tinggi malah menyebabkan penanganan kanker kurang efektif, mengurangi manfaat radioterapi maupun kemoterapi yang dibutuhkan oleh si penderita. 

Karena itulah klaim manfaat suntik vitamin C untuk melumpuhkan kanker pada manusia ini masih perlu diteliti lagi.

Membantu Merawat Kulit

Manfaat suntik vitamin c yang selanjutnya yaitu untuk membantu perawatan kulit. Hal ini berkaitan dengan hubungan vitamin C dengan produksi kolagen yang dibahas di awal tulisan ini. 

Hanya saja menurut Alo Dokter, klaim manfaat ini belum terbukti secara medis.

Efek Samping Suntik Vitamin C dan Kolagen serta Cara Menghindarinya

Suntik vitamin C memang memberikan beberapa manfaat penting. Namun tetap harus dalam dosis terntentu dan ditangai oleh ahlinya. 

Risikonya, dosis tinggi penyuntikan vitamin C dapat memicu gangguan pada ginjal. Karena itulah bagi penderita gagal ginjal tidak boleh suntik vitamin C.

Selain itu, suntik vitamin C juga tidak disarankan untuk ibu hamil karena belum diketahui pasti apakah akan mengancam janin ataupun kemampuan reproduksi ataukah tidak. 

Jadi penyuntikan vitamin C pada ibu hamil hanya boleh dilakukan jika sangat membutuhkan.

Secara umum, risiko over dosis suntik vitamin C adalah terjadinya infeksi kulit, ruam gatal, timbul memar hingga yang paling buruk adalah kematian. 

Selain itu suntik vitamin C berlebihan juga membuat kerja ginjal lebih berat hingga risiko gagal ginjal.

Untuk menghindari efek samping yang tak diharapkan dari suntik vitamin C ini, maka beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah:

Pastikan Dosis Sesuai

Anda harus memastikan bahwa orang yang melakukan tindakan suntik vitamin C adalah orang yang berkompeten. Sehingga Anda bisa tahu apakah sudah mendapat dosis yang tepat atau belum.

Perbanyak Minum Air Putih

Karena suntik vitamin C akan membuat kerja ginjal lebih berat, maka disarankan anda untuk lebih banyak mengonsumsi air putih setelah suntik vitamin C. Selain itu frekuensi tindakan suntik vitamin C tidak boleh lebih dari 8 kali dalam waktu 3 minggu.

Konsultasikan Dengan Dokter

Pastikan Anda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan suntik vitamin C untuk semisal peningkatan kolagen kulit. 

Biasanya dokter akan melakukan tes untuk memastikan apakah tubuh Anda menerima serum vitamin C ataukah menolaknya.

Nah, itulah ulasan tentang manfaat suntik vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan maupun berbagai fakta dan efek sampingnya. 

Lakukanlah suntik vitamin C sebagai salah satu perawatan kecantikan ataupun kesehatan Anda dengan bijak. Semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Suntik Vitamin C Untuk Kesehatan dan Kecantikan"