Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan Ini Mudah Anda Peroleh

10 Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan Ini Mudah Anda Peroleh

Meskipun rasanya masam alias kecut, lemon tetap dicinta. Kenapa? Ini ulasan manfaat yang jadi alasannya…

Sebagai salah satu varian dari buah jeruk, lemon sejajar dengan jeruk nipis dalam hal rasa masam atau kecutnya. 

Bedanya kalau jeruk nipis lebih sering tampil sebagai bumbu, maka lemon lebih sering jadi bahan minuman yang menyegarkan. 

Selain itu lemon juga digunakan untuk perawatan kecantikan dan bahan obat kesehatan. Nah, kali ini ada 10 manfaat lemon untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda tahu.

10 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berbagai manfaat lemon tak lepas dari beragam nutrisi yang dimilikinya. Seperti dilansir USDA National, bahwa sebuah lemon mentah yang sudah dikupas dengan berat sekitar 58 gram memiliki:

17 kalori, 0,6 gram protein, 0,2 gram lemak, 5,4 gram karbohidrat (termasuk didalamnya 1,6 gram serat dan 1,5 gram gula), sejumlah kecil zat thiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga dan mangan. 

Hanya sebuah lemon saja sudah memenuhi 51 % kebutuhan vitamin C harian. Sedangkan dalam 1 ons/28.3495 gram cairan jus lemon tersedia 7 kalori, 0,1 gram protein, 0,1 gram lemak, 2,1 gram karbohidrat (termasuk 0,1 gram serat dan 0,1 gram gula) dan telah memenuhi 23% dari kebutuhan vitamin C harian.

Bagaimana? Luar biasa bukan nutrisi yang terdapat dalam buah lemon ini? Nah, berikut ini rincian sebagian manfaat buah lemon…

1. Untuk Kesehatan Pencernaan

Untuk sistem pencernaan, buah lemon berfungsi seperti pemurni darah dan pembersih. Lemon meningkatkan gerakan peristaltik atau gerakan usus dalam perut. Juga bisa membuat pembuangan limbah pencernaan jadi lancar dan teratur. 

Masalah pencernaan lainnya seprti asam lambung juga bisa teratasi dengan lemon. Hanya saja tidak boleh mencampur lemon dengan susu.

2. Untuk Kesetabilan Tekanan Darah

Seperti halnya buah pisang, buah lemon juga mengandung kalium yang baik dikonsumsi oleh para penderita sakit jantung. 

Manfaat kalium ini adalah mengontrol tekanan darah mengatasi pusing dan mual serta memberi sensasi tenang pada pikiran dan tubuh. 

Karena itu pula, buah lemon sering dijadikan konsumsi orang yang ingin mengurangi stress dan depresi.

3. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Manfaat buah lemon yang selanjutnya adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan bisa disebabkan gejala influenza ataupun lainnya. 

Caranya cukup mudah. Yaitu berkumurlah dengan air hangat yang yang dicampur dengan sesendok teh air lemon. 

Untuk mengatasi batuk dan pilek, Anda bisa menambahkan sedikit madu. Sedangkan untuk mengatasi asma, tambahkanlah setengah sendok teh air lemon ke dalam secangkir air hangat lalu minumlah sebelum makan.

4. Menghentikan Perdarahan Internal

Buah lemon yang mengandung antiseptik ini juga bermanfaat untuk menghentikan pendarahan internal seperti mimisan. 

Caranya adalah celupkan kapas kecil ke dalam air perasan buah lemon lalu letakkan ke dalam hidung. Dengan begitu maka pendarahan akan berhenti.

5. Merawat Kesehatan Mulut

Untuk kesehatan mulut, buah lemon berguna membersihkan gigi. Pada gigi yang sakit, lemon juga berguna untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit tersebut. 

Tak hanya itu, Buah lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut.

6. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Manfaat buah lemon untuk kesehatan kian nyata dengan kemampuannya untuk menghilangkan racun dalam tubuh. 

Proses ini biasa disebut dengan detoksifikasi. Dengan mengonsumsi jus lemon secara rutin maka akan mengeluarkan racun dalam tubuh.

7. Membantu Diet Menurunkan Berat Badan

Dalam sebuah artikel terbitan “Journal of the American College of Nutrition” tahun 2005, bahwa vitamin C berbanding balik dengan massa tubuh. 

Dari rangkaian percobaan disimpulkan bahwa vitamin C membantu tubuh untuk memecah lemak. 

Karena itulah buah lemon juga bermanfaat untuk membantu diet menurunkan berat badan.

8. Mengatasi Kulit Kering Pada Tumit Dan Lutut

Buah lemon juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kering pada tumit dan lutut. Kulit kering pada tumit biasanya akan lebih parah dengan terjadinya pecah-pecah. 

Nah agar tidak semakin parah, oleskanlah potongan lemon pada kulit yang kering lalu biarkan meresap dan tanpa dibilas lagi.

9. Mencerahkan Kulit

Lemon juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah dengan cara dibuat masker. Buatlah masker jeruk lemon dengan mencampurkan air perasan lemon dengan madu. 

Gunakan secara rutin, maka wajah Anda akan lebih cerah dan segar sebab manfaat buah lemon.

10. Memperkecil Pori-Pori Kulit

Manfaat lemon yang selanjutnya adalah masih terkait perawatan kecantikan wajah. Agar pori-pori kulit wajah Anda tidak terlihat lebar, maka rawatlah dengan air lemon. 

Oleskan saja lalu diamkan hingga meresap dan bilaslah dengan air. Lebih hemat waktu lagi jika Anda membuat sari lemon sekaligus banyak lalu disimpan dalam lemari es. 

Lakukan perawatan setiap pagi selama seminggu dan lihatlah hasilnya.

Penutup

Demikian uraian tentang manfaat buah lemon untuk kesehatan dan kecantikan. Tentunya akan mempermudah Anda merawat kulit dengan murah dan terjangkau. Semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan Ini Mudah Anda Peroleh"