Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan, Khasiatnya Luar Biasa

10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

Buahnya kecil dan manis. Biasa jadi rebutan anak-anak. Kersen atau Seri sebutannya. 10 manfaatnya bukan main-main…

Buah satu ini agak popiler di kalangan anak-anak. Buahnya manis meskipun mungil. Seperti gula merah rasanya. 

Nama sebutannya pun beragam. Ada yang menyebutnya talok, keres, kersem, beleci atau juga seri atau ceri. Pohonnya tergolong liar dan tumbuh dengan cepat. 

Karena bentuknya yang rindang, maka pohon kersen sering diadikan peneduh di taman atapun ruang terbuka lainnya. 

Dibalik buahnya yang mungil dan manis, ternyata ada berbagai manfaat buah kersen yang bakalan membuat Anda ikutan berebut buah ini dengan anak-anak.

Buah dengan nama latin Muntingia Calabura L. ini berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia sampai ke Peru dan Bolivia). 

Selanjutnya kersen masuk ke Filipina di akhir abad 19, dan akhirnya tersebar di seluruh kawasan tropika Asia. 

Tumbuhan ini terdapat di sebagian barat Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Tak hanya manusia yang menyukai buah kersen atau ceri ini. 

Begitu malam datang, maka yang mengunjungi pohon kersen yang sedang berbuah sudah berganti dari kalangan kelelawar dan kalong.

10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

Ternyata buah kersen punya beragam manfaat yang tak main-main. Anda perlu tahu supaya semakin sayang dengan pohon yang mudah tumbuh di manapun ini.

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah kersen kaya akan vitamin A dan betakaroten. Karena itu buah kersen akan menjadi asupan nutrisi yang menyahatkan untuk mata serta melindungi daya lihat atau pandangnya.

2. Ampuh Kurangi Nyeri Asam Urat

Menfaat buah kersen selanjutnya didapat dengan cara merebus daunnya selama beberapa menit. Kemudian disaring dan didinginkan untuk akhirnya diminum secara rutin. 

Manfaatnya adalah untuk mengatasi nyeri yang diderita akibat asam urat. Daun kersen terbukti mengurangi rasa sakit asam urat sekaligus menormalkannya secara alami.

3. Untuk Antiseptik

Tak hanya buahnya saja yang bermanfaat, daun kersen bisa digunakan sebagai bahan antiseptik alami yang ampuh untuk membunuh mikroba berbahaya. 

Senyawa dalam rebusan daun kersen adalah tanin, flavonoid dan saponin. 

Manfaatnya adalah untuk melawan bakteri berbahaya semisal C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. 

Dengan rutin meminum air rebusan daun kersen, maka Anda akan terhindar dari bakteri tersebut.

4. Membantu Diet Anda

Buah kersen juga bermanfaat untuk membantu diet yang sedang Anda jalani untuk menurunkan berat badan. 

Hal ini karena buah kersen mengandung karbohidrat yang cukup. Efeknya, dengan ngemil buah kersen maka akan bisa menunda lapar.

5. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Ternyata buah kersen pun bisa dijadikan masker untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. Nggak pakai ribet, Anda bisa memencet dan mengoleskan langsung buah kersen yang matang ke bagian wajah yang berjerawat. Atau lebih baik lagi jika dijadikan masker buah kersen. 

Haluskan saja sejumlah buah kersen. Selanjutnya aplikasikan masker ke wajah. 

Tunggu hingga meresap dan kering lalu dibilas. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap menjelang tidur malam.

6. Menghambat Tumor

Perpaduan buah dan daun dari kersen akan membantu usaha Anda melawan tumor dan kanker. 

Buah kersen yang kaya antioksidan dan daunnya yang memiliki flavanoid berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

7. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah kersen memiliki kandungan kalium yang berguna untuk mengontrol dan menstabilkan tekanan darah. 

Karena itu maka buah kersen bermanfaat juga untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan ngemil buah kersen setiap hari, maka tekanan darah Anda akan normal kembali.

8. Efektif Menjaga Anda Awet Muda

Karena buah kersen memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan, maka buah kersen sangat efektif untuk membuat kulit wajah Anda menjadi berseri alami dan terhindar dari tanda penuaan dini.

9. Mencegah Peradangan dan Turunkan Demam

Hebatnya lagi, buah kecil nan manis ini mempunyai khasiat sebagai anti inflamasi dan peradangan. Sehingga manfaatnya juga bisa untuk menurunkan demam. 

Caranya, cukup dengan minum air rebusan buahnya ataupun dengan langsung memakan buahnya.

10. Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat buah kersen yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan adalah soal jantung sehat. Buah kersen mengandung mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. 

Sedangkan daun kersen yang sudah diekstrak berguna untuk melindungi lapisan otot jantung yang disebut dengan miokardium. 

Lapisan ini melindungi otot yang bertugas memompa jantung dan memasok darah ke seluruh tubuh. Dengan mengonsumsi buah dan minum air rebusan kersen maka akan membantu jantung Anda tetap sehat.

Penutup

Oke, itulah 10 manfaat buah dan daun kersen yang penting. Sekarang anda bisa memelihara pohon kersen untuk mendapat manfaat daun dan buahnya. Sebab pohon kersen tergolong liar dan mudah tumbuh dimana saja tanpa perlakuan khusus. Semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan, Khasiatnya Luar Biasa"