Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

ManfaatTemulawak Untuk Kesehatan

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah-Buahan - Manfaat temulawak jika kita kaji lebih jauh lagi sungguh beragam bagi kesehatan tubuh yang mengkonsumsinya. 

Yang mana tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang berkombinasi dengan banyak pangkal daun yang terpadu, semu yang berbatang dan hidupnya berumpun dan tumbuh tahunan. 

Ada sekitar 2 hingga 9 helai daun pda setiap batangnya, bentuk pendek dan lebar pada bunganya yang berwarna kuning tua atau putih serta mempunyai warna yang ungu pada pangkal bunganya. 

Rimpang tumbuhan ini bisa mengeluarkan bunga yang tumbuhnya bisa terus-terusan secara selang seling sepanjang tahun.

 Ada sekitar 3 hingga 4 buah rimpang pada rimpang induknya. Mempunyai warna orange tua atau kuning pada daging rimpangnya dan cokelat kemerahan atau kuning tua pada warna kulit rimpangnya. 

Sekitar kedalaman tanah 16 cm di dalam tanah rimpang temulawak bisa tumbuh dengan mudah. Sebanyak 5 buah rimpang muda dan ada 6 buah rimpang tua yang seringkali bisa tumbuh.

Manfaat temulawak memang sangat banyak, tak hanya bisa digunakan sebagai ramuan pengobatan namun juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit. 

Berbagai penyakit yang dapat disembuhkan dengan temulawak seperti penyakit ginjal, radang lambung, mampu mengobati radang kandung empedu, mengatasi gangguan pencernaan, produksi cairan empedu bisa meningkat, penyakit hepatitis dan bisa mengobati penyakit liver. 

Tak hanya itu saja khasiat yang diberikan oleh temulawak juga bisa mengatasi batu empedu, radang kandung empedu, stamina bisa meningkat, jerawat, eksim, radang kulit, radang saluran nafas, radang tenggorokan, asma, batuk, nafsu makan bisa bertambah, ambeien, sembelit, keputihan, peluruh haid, sakit pinggang, rematik, pegal linu, campak, demam, malaria, gumpalan darah, peredaran darah bisa lancar, kurang darah atau anemia serta mampu menurunkan kolesterol yang tinggi.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Berikut beberapa khasiat dari temulawak yang telah terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh beserta cara membuatnya:

Mengobatai Batuk dan Radang Saluran Nafas

Siapkan temulawak sebanyak 25 gram yang telah diparut halus, sebelum disaring tambahkan air secukupnya lalu sebelum anda minum dapat pula ditambahkan dengan jeruk nipis sebanyak 1 buah dan madu supaya cita rasanya lebih nikmat.

Manambah Nafsu Makan

Siapkan temulawak sebanyak 25 gram, gula merah dan asam jawa sebanyak 10 gram lalu siapkan air sebanyak 600 cc untuk mendidihkannya sampai tersisa setengahnya. 

Saringlah ramuan ini sebelum anda minum secara rutin selama sehari 2 kali.

Menurunkan Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Siapkan temulawak sebanyak 20 gram yang telah dihaluskan lalu gunakan air panas untuk menyeduhnya. 

Minumlah ramuan ini selagi hangat.

Mengatasi Masalah Radang Lambung

Siapkan temulawak yang sebelumnya telah dipotong kecil sebanyak 30 gram, lalu gunakan air sebanyak 500 cc untuk mendidihkannya sampai tersisa 200 cc. 

Sebelum anda meminum ramuan ini saring terlebih dahulu.

Mengatasi Batu Empedu

Siapkan temulawak sebanyak 25 gram, meniran dan gula aren masing-masing sebanyak 30 gram. Siapkan pula air sebanyak 500 cc untuk mendidihkannya sampai tersisa 200 cc saja. 

Sebelum meminum ramuan ini saringlah terlebih dahulu.

Untuk Peluruh Haid

Siapkan temulawak sebanyak 25 gram lalu haluskan dengan menggunakan blender. Tambahkan madu setelah anda saring lemudian minum ramuan ini.

Mengobati Radang Kantung Empedu

Siapkan temulawak yang telah diiris sebanyak 30 gram, siapkan pula air sebanyak 500 cc untuk mendidihkannya sampai tersisa 200 cc air. Sebelum anda minum saring dahulu ramuan ini.

Mengobati Masalah Liver

Siapkan temulawak sebanyak 25 gram, daun serut atau mirten sebanyak 30 gram lalu siapkan pula air sebanyak 600 cc untuk mendidihkannya sampai tersisa setengahnya. 

Sebelum anda minum ramuan ini hangat-hangat saringlah terlebih dahulu.

Mengobati Radang Sendi, Pegal Linu dan Rematik

Siapkan temulawak sebanyak 25 gram, jahe merah 29 gram lalu siapkan pula air sebanyak 400 cc untuk mendidihkannya hingga tersisa setengahnya saja. 

Sebelum anda minum ramuan ini saringlah terlebih dahulu.

Namun yang perlu anda perhatikan apabila penyakit yang diderita cukup akun maka sebaiknya yang dapat anda lakukan sebagai cara yang paling aman adalah memeriksakan diri ke dokter selain membuat ramuan dari tanaman ini untuk mendapatkan manfaat temulawak.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "ManfaatTemulawak Untuk Kesehatan"