Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Tempe untuk Kesehatan

 Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Manfaat Tempe yang luar biasa banyak sudah diakui di seluruh dunia. Tempe merupakan makanan yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak 2000 tahun yang lalu. 

Tempe disebut juga dengan makanan rakyat karena harganya sangat terjangkau dan mudah sekali untuk didapatkan. 

Hampir di setiap pasar atau daerah di Indonesia anda bisa menemukan tempe. Sebagian besar warga Indonesia dalam menu makanan sehari-hari selalu menghadirkan tempe. 

Bagi mereka makan kurang lengkap tanpa hadirnya tempe di meja makan.

4 Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat tempe yang bisa kita dapat untuk kesehatan tubuh kita:

1. Sehat Untuk Jantung

Tempe memiliki kandungan protein yang tinggi, protein pada tempe ini dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung sehingga tidak heran jika tempe menjadi primadona beberapa tahun ini. 

Protein pada kedelai terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekitar 35 hingga 40 persen.

Berbeda halnya dengan protein dari daging, daging juga mengandung protein tinggi namun juga diikuti oleh peningkatan kolesterol jahat. 

Maka dari itu anda bisa memenuhi protein yang diperlukan oleh tubuh dengan tempe, karena lebih sehat dan aman jadi anda tidak perlu mahal membeli daging untuk mendapatkan asupan protein.

2. Menstabilkan Gula Darah di Tingkat Sehat

Salah satu manfaat tempe adalah menstabilkan gula darah karena tempe mengandung protein dan serat alami, kedua zat inilah yang mampu mencegah naiknya kadar gula dan menjaga gula darah tetap pada level normal. 

Dengan manfaat inilah tempe sangat baik sekali untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, apalagi untuk penderita diabetes tipe 2. 

Tubuh memang membutuhkan protein dalam menjalankan fungsinya, umumnya protein terkandung dalam daging, ikan dll. 

Namun selain protein, makanan tersebut juga mengandung koleterol, sedangkan kolesterol kurang bagus bagi penderita diabetes maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein, tempe adalah pilihan yang tepat. 

Selain protein tempe juga mampu menjaga kolesterol tetap rendah sehingga penderita diabetes bisa terhindar dari penyakit aterosklerosis (radang pembuluh darah) dan penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat tempe adalah sebagai pencegah kanker. Tempe mengandung serat yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan usus. 

Tak hanya itu, serat ini juga mampu mengikat racun penyebab kanker yang kemudian mengeluarkannya sehingga racun ini sudah tidak bisa mengganggu kerja usus lagi atau merusak sel usus besar. 

Dengan cara kerja seperti itulah tempe mampu menjaga tubuh dari resiko kanker usus besar, selain itu serat ini juga mampu menurunkan resiko kanker payudara pada wanita. 

Sedangkan manfaat untuk pria adalah mampu mencegah kanker prostat, karena kedelai pada tempe mengandung isoflavon.

4. Protein Setara Daging

Anda tidak perlu khawatir kalau anda kekurangan protein karena tidak pernah mengonsumsi daging akibat mahalnya harga daging. 

Diketahui tempe memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan setara dengan protein dalam daging. 

Kandungan protein dari tempe sekitar 41 persen, selain itu tempe mampu mengontrol kolesterol dalam tubuh sehingga lebih stabil berbeda halnya dengan daging, daging mengandung kolesterol jahat sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak ini sangat membahayakan. 

Maka dari itu banyak orang yang memenuhi kebutuhan protein tubuh dengan tempe bukan daging atau ikan, itulah semua manfaat tempe.

Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Tempe untuk Kesehatan"