Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Manfaat tahu ternyata cukup banyak, nanti akan kami jelaskan secara setail apa saja manfaat yang bisa kita ambil dari makanan yang satu ini. 

Tahu merupakan makanan rakyat, harganya terjangkau juga mudah untuk ditemukan, tahu memiliki kandungan protein yang tinggi. 

Selain itu tahu memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah untuk dijadikan masakan apa saja sesuai dengan selera kita.

5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat tahu yang bisa kita dapatkan dari makanan murah meriah ini:

1. Menguatkan Tulang

Tahu ternyata juga memiliki manfaat sebagai penguat tulang karena tahu memiliki kandungan kalsium yang tinggi. 

Kalsium sangat bermanfaat dalam mencegah osteoporosis selain itu tahu juga mampu mencegah penyakit sendi. 

Jika kebutuhan tubuh akan kalsium terpenuhi maka tulang akan semakin kuat dan padat maka dari itu anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium dengan tahu.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat tahu adalah untuk memelihara kesehatan jantung karena tahu mengandung asam lemak omega 3 tinggi yang dipercaya mampu mencegah pembekuan darah.

Selain itu tahu memiliki kandungan HDL atau kolesterol baik yang mampu menjaga kesehatan jantung dan menggeser LDL atau koleterol jahat yang bisa menyumbat pembuluh darah.

3. Melawan Radikal Bebas

Salah satu manfaat tahu adalah untuk melawan radikal bebas karena tahu memiliki kandungan isoflavone dan selenium yang cukup tinggi. 

Kedua zat ini sangat ampuh dalam melindungi seseorang dari bahaya radikal bebas. 

Selain itu selenium akan bekerja bersama dengan iodin dan mampu menjaga regulasi tiroid sehingga bisa memperbaiki DNA dan melawan kanker.

4. Mencegah Kanker Payudara

Manfaat tahu adalah untuk mencegah kanker payudara karena tahu memiliki kandungan isoflavone. 

Zat isoflavone ini mampu menurunkan gangguan menopause seperti hot flashes atau perasaan kurang enak dengan diikuti perubahan pada wajah (memerah) dan berkeringat selama 30 detik sampai 5 menit. 

Selain itu zat ini juga dipercaya bisa mencegah risiko kanker prostat dan kanker payudara.

5. Mencegah Anemia

Ternyata tahu juga bermanfaat dalam mencegah penyakit anemia karena tahu mengandung zat besi cukup tinggi selain itu tahu juga mengandung zat tembaga dan mangan. 

Zat besi mampu menghasilkan hemoglobin sehingga penyakit anemia bisa dicegah. 

Wanita sangat rentan terhadapa anemia maka dari itu sangat disarankan agar mereka banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi misalnya tahu saat mereka menstruasi.

Sedangkan tembaga dan mangan berfungsi untuk melindungi tubuh dari bahaya artritis dan radang pada sendi. Itulah yang bisa kita ambil dari manfaat tahu.

Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Tahu untuk Kesehatan"