Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Sirsak Dari Mulai Akar Sampai Buahnya

Khasiat Sirsak Dari Mulai Akar Sampai Buahnya

Manfaat Buah-Buahan - Di nusantara kita manfaat yang diberikan oleh tanaman sirsak memang tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat. 

Banyak penyakit yang telah diderita di mulai pada masa nenek moyang dahulu sering kali menggunakan sirsak sebagai obat untuk menyembuhkannya sampai akhirnya diturunkan ke anak cucu mereka. 

Seperti contohnya tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan buah sirsak muda yang mana hal ini merupakan kebiasaan yang telah dilakukan oleh masyarakat di wilayah Jawa Barat khususnya masyarakat Sunda.

 Di sisi lain batuk juga biasa disembuhkan dengan menggunakan daun sirsak dan penyakit hepatitis biasa diobati dengan menggunakan buahnya yang mana hal ini biasa digunakan oleh masyarakat Aceh.

Selain itu sakit demam juga biasa diobati dengan menggunakan daun sirsak yang mana hal ini dilakukan oleh masyarakat di wilayah Sulawesi Selatan. 

Sehingga tak heran jika banyak penyakit menggunakan obat herbal dari bahan sirsak yang juga telah diresepkan oleh para herbalis dan juga dokter. 

Tak hanya itu saja sirsak juga seringkali digunakan sebagai obat pestisida alami selain digunakan sebagai obat-obatan dan juga bahan pangan yang telah dimanfaatkan oleh negara-negara lain. 

Hasil temuan yang sangat mengejutkan bahwa sel-sel kanker dapat dihancurkan dengan daun dan batang tanaman sirsak yang mana hal ini merupakan hasil penelitian yang telah ditunjukkan oleh The National Cancer Institute pada tahun 1976.

Tak hanya sebagai bahan dasar obat saja, namun manfaat buah ini juga banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat dodol. 

Selain itu buah sirsak yang masih muda termasuk dengan bijinya yang lunak juga seringkali digunakan sebagai sayur-sayuran di negara Filipina. 

Tak sanpai di situ saja beberapa penyakit seperti arthritis, gangguan hati, asma dan penyakit jantung juga bisa disembuhkan dengan manfaat dari pohon sirsak termasuk dari biji, buah, akar, kulit dan daunnya. 

Yang mana hal ini selama berabad-abad lamanya digunakan olehh suku di Indian Amerika Serikat.

Tanaman sirsak juga digunakan sebagai obat dan juga perstisida alami
Ternyata nama ilmiah dari tanaman sirsak yakni merupakan anggota famili Annonacea dengan nama ilmiah A.macrocarpa, A.bonplandiana, A.Cearensi dan Guanabanus muricatus yang mana merupakan sistematika tumbuhan (taksonomi) menurut yang telah ditulis oleh penulis. 

Mungkin anda juga mengetahui tanaman srikaya ternyata sirsak juga masih berkerabat dengan buah ini. 

Banyak sekali sebutan untuk tanaman ini yakni karena rasanya yang manis di Negara Inggris tanaman ini disebut dengan sourop, di Jerman disebut dengan stachelannone, di Spanyol disebut dengan guanabana, di Brazil disebut dengan graviola, di Filipina disebut dengan guayabano, dan di Thailand disebut dengan thurian thet.

Di sisi lain tanaman sirsak ini juga digunakan sebagai pestisida alami dan obat selain fungsi utamanya sebagai tanaman buah. 

Kebutuhan serat pangan harian sebanyak 13 persen bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi 100 gram daging sirsak saja. 

Berbagai macam penyakit seperti penyakit batu empedu, wasir atau ambeien, nyeri pinggang bisa diobati dengan mengkonsumsi tanaman ini selain fungsinya untuk meningkatkan selera makan karena di dalam tanaman ini mengandung senyawa fitokimia yang sangat banyak. 

Kandungan yang terdapat di dalam sirsak yakni karbohidrat yang merupakan kandungan paling banyak selain air, seperti gula pereduksi yakni fruktosa dan glukosa yang jumlahnya jika dibandingkan dengan kandungan gula total yakni sebanyak 81,9-93,6 persen.

Manfaat Sirsak Dari Mulai Akar Sampai Buahnya

Ternyata semua yang terdapat di dalam tanaman sirsak semua mengandung manfaat yang sangat banyak dan hal ini sesuai dengan pernyataan yang telah disampaikan oleh Juwita yakni seorang penulis buku “ Galeri Tanaman Hias Daun dan juga Galeri Tanaman Hias bunga dan Kuliah Kelas Bisnis Lancar. 

Berbagai kandungan seperti gigantetronin, annonacin, annohexocin, annocatalin dan annonacatin merupakan beberapa kandungan yang terdapat di dalam daun sirsak. 

Berbagai penyakit seperti tumor, rematik, masalah pencernaan, jantung, hipertensi, gangguan empedu, demam, diabetes, batuk, bronchitis, asma dan penyakit abses bisa diobati dengan menggunakan obat tradisional yang berbahan dari sirsak. 

Di sisi lain penyakit batuk dan juga bronchitis bisa disembuhkan dengan menggunakan bunga dari sirsak. 

Penyakit yang bisa disembuhkan selain penyakit tersebut yakni flu, mampu menambah stamina, demam, disentri, maag dan juga bisa mengobati masalah diare.

Selain itu tanaman ini juga seringkali digunakan sebagai insektisida alami yang mana menggunakan biji dari sirsak. 

Penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan biji sirsak yakni penyakit parasit kulit dan juga menjadi obat cacing. 

Tak hanya itu saja beberapa penyakit seperti diabetes, kejang – kejang bisa diobati dengan menggunakan obat penenang yang bahannya dari akar buah sirsak. 

Karena di dalam akar tanaman ini mengandung reticulatacin, muricatin, annomontacin dan juga annocotacin. 

Selain kulit batangnya juga bisa digunakan untuk mengobati kejang yang mana digunakan sebagai obat penenang, tekanan darah tinggi, batuk dan juga asma karena di dalam kulit batang dari pohon sirsak terkandung beberapa senyawa seperti solamine, murin dan juga atherosperimne. 

Namun untuk kulit akar tanaman ini digunakan khusus untuk mengobati diabetis. 

Berbagai cara seperti penggunaan, teknik meramu, pemaparan sejumlah ramuan herbal, merawat tanaman dan cara menanan tanaman sirsak telah dikupas secara detail oleh Lina dan juga Juwita di dalam catatan ke enam di dalam bukunya selama tahun 2011.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Sirsak Dari Mulai Akar Sampai Buahnya"