Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Sayur Kangkung Dan Tips Memasaknya Agar Aman dan Sehat

Manfaat Sayur Kangkung Dan Tip Memasaknya Agar Aman dan Sehat

Manfaat Sayuran - Ada kangkung rawa, ada juga kangkung darat. Sama-sama kangkung, ini dia manfaat dan tip memasaknya…

Sayuran satu ini memang sering dikesankan sebagai makanan yang kurang berkela, masih kalah dari sayur bayam. 

Namun bukan berarti kangkung itu tidak punya kelas. Sayuran satu ini terbukti memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik. 

Manfaat sayur kangkung perlu Anda tahu. Baik terkait dengan kesehatan, ibu hamil untuk diet maupun lainnya. 

Selain itu ada hal atau cara yang harus Anda perhatikan saat memasak sayur kangkung.

Sebelum membahas manfaat sayur kangkung, mari kita awali dengan mengenal asal muasal kangkung. Asal sayuran ini dari India lalu menyebar ke wilayah Asia, Australia dan Afrika. 

Kangkung mudah tumbuh di tempat yang basah seperti rawa dan tanah lumpur. Tergolong tanaman yang cepat menghasilkan, tanaman kangkung bisa dipanen mulai umur 6 minggu.

Ada beberapa jenis kangkung yang dibudidayakan oleh masyarakat luas. Namun biasanya yang dibudidayakan adalah kangkung darat alias kangkung yang tumbuh di darat. 

Kangkung ini biasanya daun berwana hijau cerah dan kecil-kecil dengan batang yang berwarnya keputihan. 

Berbeda dengan kangkung air yang warnanya lebih hijau kelam dan berbatang keunguan. Menurut masyarakat kangkung air lebih enak daripada kangkung darat.

10 Manfaat Sayur Kangkung bagi Kesehatan

Terlepas dari penampilan dan rasa, sepertinya kangkung air yang biasanya tumbuh liar itu lebih sehat ketimbang kangkung darat yang biasanya dibudidayakan dan tentunya sudah terkena pestisida dan perlakukan kimiawi lainnya. 

Hanya saja ada isu tentang masuknya lintah dari kangkung air yang tidak dibelah dan kurang telitit saat mencuci. 

Soal itu akan kita bahas di akhir artikel saja. Saat ini kita akan rinci 10 manfaat sayur kangkung bagi kesehatan, seperti berikut ini.

1. Zat Besinya Meningkatkan HB Darah

Sayur kangkung memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Jadi sayur kangkung bukannya membuat mengantuk tapi akan membantu Anda mengatasi anemia.

2. Fosfornya Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Sayur kangkung juga memiliki kandungan fosfor yang merupakan mineral penunjang kesehatan gigi dan tulang. 

Dengan memasukkan kangkung dalam daftar menu makanan keluarga, maka Anda sudah memberikan tambahan sumber fosfor yang alami.

3. Kalsiumnya Menguatkan Tulang dan Gigi

Selain fosfor, manfaat sayur kangkung dikuatkan juga dengan adanya kalium yang juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

Dengan asupan kalsium maka tulang akan terhindar dari risiko pengapuran dan kerapuhan.

4. Vitamin C Menjaga Kesehatan dan Kecantikan

Sayur kangkung juga memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan/ vitamin C akan membuat kulit Anda lebih cerah sekaligus menjaga stamin dan daya tahan tubuh.

5. Vitamin B Kompleks Untuk Ketahanan Tubuh

Dalam kangkung juga terdapat vitamin B kompleks yang akan sangat berguna untuk kesehatan. Vitamin B ini erat kaitannya dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh atau imun. Juga berguna untuk menambah berat badan.

6. Vitamin A Untuk Kesehatan Mata

Siapa sangka, sayur kangkung yang kadang dianggap tidak berkelas itu ternyata memiliki kandungan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. 

Vitamin A sudah jelas dan terkenal menjadi vitamin yang menyehatkan mata dan membuatnya terbebas dari tabun.

7. Asam Folat Baik Untuk Ibu Hamil

Bahkan sayur kangkung juga berguna untuk ibu hamil. Manfaat sayur kangkung untuk ibu hamil adalah untuk memenuhi kebutuhan akan asam folat. 

Seperti dilansir situs Alo Dokter, sayur kangkung dan bayam merupakan sumber makanan yang memberikan asupan asam folat yang dibutuhkan ibu hamil.

8. Protein Nabati Untuk Otot

Sayur kangkung juga memiliki protein yang berguna untuk membangun massa otot. Jika otot memiliki massa yang padat maka akan menjadi besar dan kencang. 

Karena itulah sayur kangkung juga baik dikonsumsi Anda yang sedang berlatih body building.

9. Sayur Kangkung Memiliki Lemak Baik

Sayur kangkung juga memiliki kandungan lemak baik untuk tubuh. Sehingga kangkung berguna untuk membantu mengurangi kolesterol.

10. Sayur Kangkung Untuk Mengaktifkan Hormon Penting

Manfaat sayur kangkung selanjutnya adalah menjadi pemicu dan membantu aktifnya produksi hormon dalam tubuh.

Tips Mengolah Kangkung Untuk Memperoleh Manfaatnya

Ada beberapa hal yang Anda perhatikan ketika akan mengolah kangkung. Agar mendapat manfaat sayur kangkung, maka perhatikanlah cara membersihkan dan mengolahnya. 

Yang paling penting adalah Anda harus mencuci bersih sayuran yang akan Anda mask maupun akan dikonsumsi mentah sebagai lalapan. 

Pilihlah sayuran segar, bukan sayuran yang tua dan menguning.

Khusus kangkung air atau rawa, meskipun kabar yang beredar belum terbukti dengan penelitian, ada baiknya Anda bersihkan juga bagian dalamnya dengan cara membelah batang kangkung. Siapa tahu ada cacing atau hewan air lainnya yang bersembunyi. 

Selanjutnya untuk memasak kangkung, masaklah hingga benar-benar matang namun kjangan terlalu panas. 

Sebab memasak sayuran dengan api terlalu panas dan lama akan merusak kandungan gizinya. 

Kangkung juga termasuk sayuran yang cepat busuk sehingga sebaiknya segera oleh dan jangan biarkan terlalu lama meski dalam penyimpanan.

Itulah berbagai manfaat sayur kangkung untuk kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. Sebagai catatan, dalam kangkung ada kadar purin yang cukup tinggi. 

Karenanya bagi Anda yang punya masalah dengan asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi sayur kangkung. Demikian semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Sayur Kangkung Dan Tips Memasaknya Agar Aman dan Sehat"