Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Dan Cara Meraciknya Sebagai Obat herbal

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat kunyit ternyata sangat beraneka macam. Kunyit atau juga sering disebut kunir ini merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang sangat banyak ditemukan di negara negara di Asia tenggara dan tentu saja negara kita Indonesia.

Manfaat kunyit ternyata sangat beraneka macam mulai dari menyembuhkan penyakit kronis seperti tumor hingga penyakit ringan seperti perut mulas. 

Tanaman ini telah banyak sekali dipakai sebagai bumbu masakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai pewarna kuning pada berbagai macam makanan. Karena merupakan salah satu bahan alami maka tanaman ini sama sekali tidak menimbulkan efek samping jadi sangat aman untuk kesehatan kita. 

Hampir setiap orang Indonesia dan juga India serta bangsa Asia lainnya umumnya sudah pernah mengkonsumsi tanaman ini, baik sebagai penambah bumbu masakan atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Tanaman kunyit banyak sekali dibudidayakan di Indonesia, karena tanaman ini adalah salah satu tanaman obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Dari sebuah penelitian medis mengungkapkan bahwa negara yang memakai kunyit pada bumbu masakannya memiliki resiko yang lebih kecil terkena kanker atau tumor, termasuk kankaer prostat. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan.

Kunyit mengandung antioksidan dan antiperadangan sehingga tanaman ini bisa memperlambat penyebaran dan pertumbuhan tumor. 

Kunyit juga dapat memperlancar sistem pencernaan dan meringankan gejala rematik. 

Selain itu manfaat kunyit juga bisa membantu menyembuhkan luka serta membantu menyembuhkan beberapa macam penyakit kulit seperti koreng dan gatal-gatal. 

Kunyit sebagai agen antiseptik serta antibakteri alami, sangat berguna sebagai desinfektan luka biasa ataupun luka bakar. 

Kunyit juga mampu mencegah serta memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dengan mengurangi penumpukan plak di otak amyloyd. 

Tanaman ini juga bisa membantu Anda dalam metabolisme lemak serta membantu dalam mengontrol berat badan.

Cara Meracik Kunyit Sebagai Obat herbal

Untuk bisa mengambil manfaat kunyit dengan baik, berikut ini adalah beberapa cara meracik tanaman rempah ini untuk digunakan untuk kesehatan. 

Untuk diabetes mellitus, siapkan tiga buah kunyit dan setengah sendok garam. 

Kemudian kedua bahan tersebut direbus dengan menggunakan 1 liter air hingga mendidih, kemudian disaring. Diminum 2 kali seminggu tiap minum cukup setengah gelas.

Untuk mengobati tifus, siapkan 2 rimpang kunyit, 1 lembar daun sambiloto, dan 1 bonggol sere. 

Cara membuatnya semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus dan dipipis, kemudian tambahkan 1 gelas air masak masih hangat, dan kemudian disaring. 

Minum dan lakukan selama 1 minggu berturut-turut. Untuk disentri, siapkan 1-2 rimpang kunyit, kapur sirih, dan gambir secukupnya. 

Cara membuatnya semua bahan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tinggal 1 gelas kemudian disaring. 

Minum dan ulangi sampai sembuh, selain ini anda juga dapat mengambil manfaat jahe. Perut mulas, sakit keputihan, dan haid tidak lancar juga bisa diatasi dengan manfaat kunyit.

Sumber & Referensi
  • https://www.nccih.nih.gov/health/turmeric
  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-662/turmeric
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Dan Cara Meraciknya Sebagai Obat herbal"