Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Keju Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Keju Untuk Kesehatan

Manfaat keju untuk kesehatan sangat beragam, misalnya mampu mencegah kanker, osteoporosisi dan lainnya. Selain manfaatnya yang banyak, ternyata keju memiliki rasa yang khas juga lezat.

Hampir semua makanan yang dipadukan dengan keju terasa lebih nikmat. Misalnya pisang bakar atau goreng keju, pizza, roti bakar keju, cheese burger dan masih banyak lagi makanan lain yang bisa dipadukan dengan keju.

Khasiat Keju Bagi Kesehatan

Berikut ini akan kami jelaskan lebih detail mengenai beberapa manfaat keju untuk kesehatan tubuh sebagaimana yang dilansir oleh Organicfacts, yaitu :

Mencegah Diabetes Tipe 2

Keju ternyata sangat efektif dalam mencegah penyakit diabetes tipe 2. Dalam pembuatan keju memang memanfaatkan adanya fermentasi yang dibantu oleh bakteri probiotik dalam prosesnya. 

Bakteri inilah yang dianggap sangat berperan dalam melawan penyakit diabetes tipe 2, selain keju anda juga bisa menemukannya pada yoghurt. 

Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, mereka menulis bahwa orang yag mengonsumsi keju 56 gram setiap hari atau setara dengan 2 potong keju dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 sebesar 12%.

Mencegah Osteoporosis

Salah satu manfaat keju adalah mampu mencegah osteoporosis. Keju mengandung tinggi kalsium. Kalsium inlah yang akan menjaga kesehatan dan kekuatan tulang yang dibantu oleh vitamin B. 

Bahan utama keju adalah susu, susu kemudian difementasi hingga menjadi padat dan disebut dengan keju. Rasanya cukup unik masam, gurih juga enak. 

Kesehatan tulang ini tidak hanya membantu dalam pertumbuhan tulang namun juga menjaga dari osteoporosis terutama bagi wanita,karena wanita melewati masa-masa dimana bisa menyebabkan osteoporosis, seperti menstruasi, mengandung, melahirkan dan menyususi. 

Jika asupan kalsium dalam tubuh kurang maka akan sangat berisiko terhadap osteoporosis. Maka dari itu sangat dianjurkan agar mereka mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, salah satunya dalah keju.

Baik Untuk Masa Pertumbuhan

Manfat keju yang lainnya adalah untuk membantu pertumbuhan. Seperti yang saya jelaskan diatas keju mengandung kalsium tinggi serta vitamin B. vitamin B dalam tubuh sangat berperan dalam penyerapan dan penyaluran kalsium ke seluruh tubuh. 

Dengan begitu tulang kita bisa terjaga kesehatan dan kekuatannya. Maka dari itu sangat disarankan agar keju dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui juga orang dewasa.

Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat keju ternyata juga mampu melindungi dan menjaga kesehatan gigi. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kandungan kalsium yang terdapat dalam keju. Kalsium ini mampu manjaga kesehatan dan kekuatan gigi. 

Selain itu keju sangat rendah akan laktosa. Laktosa adalah salah satu bentuk gula yang tidak baik untuk kesehatan gigi, semakin tua keju semakin sedikit pula kandungan laktosa yang terdapat didalamnya.

Maka dari itu dengan mengonsumsi keju berarti anda telah menjaga kesehatan gigi anda.

Mencegah Kanker

Keju ternyata juga sangat efektif dalam melawan sel kanker, karena keju mengandung konjugasi asam linoleic dan sphingolipids, kedua zat ini sangat efektif dalam mencegah kanker. 

Namun tidak hanya kanker yang dapat dicegah dengan zat yang ada dalam keju, ada beberapa penyakit lain yang bisa dicegah dengan ini seperti penyakit beri-beri. 

Keju juga dapat meningkatkan kualitas darah, menguatkan hati dan mambantu penyerapan nnutrisi dalam tubuh sehingga makanan yang kita konsumsi nutrisinya bisa terserap dengan baik. 

Itulah beberapa manfaat keju.

Sumber & Referensi
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/health-benefits-of-cheese.html
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Keju Untuk Kesehatan Tubuh"