Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Jeruk Keprok Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jeruk Keprok Untuk Kesehatan

Manfaat jeruk keprok bagi kesehatan sangat beragam, seperti menjaga berat badan agar tetap ideal, menjaga kesehatan pembuluh darah dan melindungi anda dari risiko diabetes tipe 2. 

Buah ini banyak terdapat di Indonesia dan dalam proses pembuahannya buah ini tidak mengenal musim sehingga mampu tumbuh, berkembang dan berbuah kapan saja. 

Maka dari itu kita wajib bersyukur karena kita tinggal di Negara yang tanahnya subur dan kaya akan hasil buminya. 

Jeruk keprok memiliki bentuk yang mungil, manis dan berbau segar sehingga tidak heran jika buah ini banyak diminati oleh sebagian besar orang, selain itu harganya juga sangat terjangkau.

Penelitian juga telah dilakukan untuk melihat zat apa saja yang terkandung didalamnya dan apa fungsi dari zat tersebut untuk manusia. 

Ilmuwan yang berasal dari University of Western Ontario memberi julukan pada buah ini dengan nama Super Food. Karena manfaatnya yang memang sangat banyak. Nama lain dari jeruk keprok adalah Tangerine.

Percobaan Pada Dua Kelompok Tikus

Untuk menguji manfaat jeruk keprok, para peneliti menggunakan tikus sebagai medianya kemudian tikus tersebut dibagi menjadi 2 kelompok.

Kelompok 1

Para peneliti memberi tikus-tikus makanan yang banyak mengandung lemak, gula dengan ukuran seperti yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat saat ini pada umumnya. 

Dalam beberapa waktu tikus ini mulai menunjukkan gejala seperti naiknya kadar kolesterol jahat, insulin dalam darah dan hati yang mulai diselubingi lemak. 

Dengan keadaan yang seperti ini tikus sangat rentan terhadap resiko serangan jantung dan stroke selain itu juga meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Kelompok 2

Pada kelompok ini, para peneliti memberi makan tikus-tikus ini dengan makanan yang banyak mengandung nobiletin. 

Nobiletin adalah zat yang terdapat pada jeruk keprok. Dalam beberapa waktu tikus-tikus menunjukkan reaksi yang lebih sehat. 

Mereka tidak mengalami masalah dengan berat badan, mereka juga tidak memiliki masalah dengan lemak dalam darah seperti yang terdapat pada kelompok 1. 

Pembuluh darah mereka juga terbebas dari lemak sehingga tidak ada penyumbatan pembuluh darah, keadaan ini sangat baik karena bisa menghindarkan dari risiko penyakit jantung dan stroke.

Manfaat Nobiletin Pada Jeruk Keprok

Dari percobaan kelompok 1 diketahui bahwa begitu bahayanya gaya hidup sekarang baik makanan maupun tindakannya. 

Jika kita tidak berusaha untuk mengubah pola hidup menuju yang lebih sehat, maka tidak menutup kemungkinan jika nasib kita akan sama dengan tikus kelompok 1. 

Untuk mencegahnya kita bisa menambahkan jeruk keprok sebagai bagian dari makanan penutup. Sehingga makan pun menjadi lebih tenang. 

Zat nobiletin yang terkandung dalam jeruk keprok mampu melindungi tubuh dari obesitas. 

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Dr. Murray Huff, seorang yang mengetuai penelitian tersebut. 

Selain itu dia juga mengatakan bahwa penelitian ini akan menjadi jalan pembuka dan acuan bagi penelitian selanjutnya mengenai efektif tidaknya zat ini untuk mengobati syndrom metabolisme. 

Ini merupakan salah satu manfaat jeruk keprok bagi manusia.

Yang perlu anda ketahui, jika anda termasuk orang yang tidak menyukai jeruk keprok, anda tetap bisa menikmati khasiat dari nobiletin yaitu dengan mengonsumsi jeruk bali atau anggur. 

Meskipun nobiletin juga terdapat pada buah-buahan lain namun tidak setinggi dengan yang ada dalam jeruk keprok, perbandingannya sekitar 10 : 1. 

Itulah yang bisa kita nikmati dari manfaat jeruk keprok.

Sumber & Referensi
  • Dr. Murray Huff
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Jeruk Keprok Untuk Kesehatan Tubuh"