Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

Manfaat jeruk bali bagi tubuh sangat beragam. Seperti halnya jeruk pada umumnya jeruk bali memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. 

Sesuai dengan namanya (jeruk bali) jeruk ini memang berasal dari pulau bali. Bentuk buah ini cukup unik yaitu bulat dan besar dengan kulit buah yang tebal, rasanya cukup masam, namun sebagian besar orang tidak menyukainya karena di anggap rasanya tidak enak karena tidak manis. 

Hal ini terjadi mungkin karena mereka banyak yang belum mengetahui mengenai khasiat dari buah ini.

Khasiat Jeruk Bali Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk bali bagi tubuh kita, antara lain :

Sebagai Masker dan Kesehatan Kulit

Bagi anda yang sangat peduli dengan kesehatan kulit anda mungkin anda bisa melakukan perawatan dengan jeruk bali. 

Selain anda melakukan perawatan di salon, anda juga bisa memanjakan diri di rumah jika memang anda memiliki waktu luang. 

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, cerah dan bersinar, anda bisa menggunakan jeruk bali sebagai masker. 

Caranya sangat mudah yaitu dengan mengambil daging buah jeruk bali kemudian menghancurkannya dan ditambah dengan air perasan lemon, setelah itu tambahkan pula putih telur, kemudian gunakan sebagai masker. 

Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah dan diamkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. 

Masker dari jeruk bali ini sangat ampuh dalam mengurangi dan merapatkan komedo pada kulit wajah sehingga kulit wajah menajdi lebih bersih dan sehat. 

Gunakan masker ini secara teratur 1 minggu sekali dan nikmati hasilnya.

Penyeimbang Elektrolit dalam Tubuh

Manfaat jeruk bali yang lainnya adalah sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, bioflavonoid dan kalium dalam jeruk bali. 

Selain sebagai penyeimbang elektrolit, zat-zat ini ternyata juga sangat efektif dalam menjaga kesehatan prostat karena zat ini dalam tubuh akan berfungsi sebagai antikarsinogenik.

Mempunyai Kandungan Antibakteri dan Antioksidan

Salah satu manfaat jeruk bali adalah manjaga kesehatan lambung. Hal ini bisa terjadi karena jeruk bali mengandung zat antibakteri dan antioksidan sehingga mampu menjaga kadar asam dlam lambung.

Selain itu jeruk bali juga mengandung likopen yang dapat mencegah bakteri untuk berkembang di dalam lambung dan antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga terhindar dari penyakit kanker.

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Selain mengandung vitamin C tinggi ternyata jeruk bali juga mengandung zat yang sangat ampuh dalam menjaga kolesterol dalam darah kita. 

Hal ini telah diteliti oleh seorang ilmuwan yang berasal dari Israel, sebagaimana yang ditulis dalam kompas.com, dia meneliti mengenai pengaruh jeruk bali bagi pasien yang telah menjalani operasi jantung koroner. 

Dalam penelitian tersebut tercatat bahwa pasien A diberi asupan nutrisi dari jeruk bali merah, pasien B diberi asupan nutrisi dari jeruk bali putih dan untuk pasien C tidak diberi sama sekali. 

Dari penelitian ini terbukti bahwa pasien yang mengonsumsi jeruk bali, kadar kolesterol dalam darahnya lebih cenderung menurun. Sedangkan untuk pasien yang tidak mengonsumsi jeruk bali kadar kolesterolnya tetap tinggi. 

Hal ini terjadi karena jeruk bali mengandung pektin sangat tinggi sehingga mampu menjaga kadar kolesterol dalam darah, setiap 15 gram jeruk bali mampu menurunkan sekitar 10% kolesterol dalam darah. 

Dengan begitu jantung menjadi lebih sehat, itulah manfaat jeruk bali.

Sumber & Referensi
  • https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/04/131654620/9-manfaat-jeruk-bali-yang-ternyata-menyehatkan?
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan Tubuh"