Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Imunisasi Untuk Kesehatan Tubuh Anak-Anak

Manfaat Imunisasi Untuk Kesehatan

Manfaat imunisasi adalah untuk meningkatkan sistem imunitas pada anak sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

Istilah imunisasi sangat umum dikalangan masyarkat terutama pada ibu-ibu. Karena sangat dianjurkan bagi anak-anak mereka agar selalu mengikuti imunisasi pada waktu yang telah ditentukan.

Meskipun manfaat imunisasi sangat banyak dan bagus bagi kesehatan anak terutama untuk menjaga dari penyakit sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih lancar namun masih saja ada beberapa kelompok yang menolak untuk melakukan imunisasi. 

Selain itu imunisasi juga mampu memutus mata rantai dalam penularan suatu penyakit.

Diketahui penyakit PD3I banyak menyerang anak-anak dan mampu menyebabkan kematian dan kecacatan, sekitar 5% anak balita meninggal akibat penyakit ini. 

Pada negara-negara berkembang, termasuk Indonesia penyakit PD3I terbukti dapat dicegah dengan melakukan imunisasi. 

Oleh karena manfaat imunisasi ini pemerintah telah berupaya untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat agar mau mengikuti program imunisasi sehingga angka kesakitan dan kematian dapat dicegah.

Imunisasi Terus Diintensifkan

Imunisasi pertama kali dilakukan di Indonesia pada tahun 1956. Saat itu manfaat imunisasi hanya untuk mencegah penyakit cacar kemudian semakin diperluas hingga mencapai lima vaksin, seperti yang kita ketahui saat ini. 

Dari pemberian lima vaksin ini dapat mencegah tujuh penyakit menular yang biasa menyerang anak yaitu Hepatitis B, Campak, Pertusis, Difteria, Polio dan Tuberkulosis.

Kemudian yang awalnya hanya beberapa desa program imunisasi semakin meluas hingga akhirnya pada tahun 2008 sudah terdapat 65.781 desa atau sekitar 68,3% yang telah mencapai Universal Child Immunization (UCI). Setelah itu pada tahun 2010 wilayahnya sudah meluas lagi hingga mencapai 75.990 desa atau sekitar 75,3%.

Salah satu manfaat imunisasi yang sangat jelas terlihat adalah bebasnya penyakit cacar sehingga pada tahun 1974 Negara Indonesia sebagai negara yang bebas terhadap penyakit cacar. 

Selain itu dengan adanya imunisasi penyakit PD3I semakin dapat ditekan misalnya campak, pada tahun 2008 terdapat sekitar 24.388 kasus kemudian pada tahun 2010 terdapat sekitar 17.139 kasus, hal ini telah membuktikan bahwa imunisasi mampu menekan penyakit campak. 

Kemudian untuk tetanus neonatorum, pada tahun 2008 terdapat sekitar 198 kasus kemudian pada beberapa tahun terakhir ini diketahui hanya terdapat sekitar 137 kasus. 

Maka dari itu imunisasi mampu memberikan nilai positif terhadap tumbuh kembang anak dan pencegahan terhadap berbagai penyakit.

Menyikapi Isu Imunisasi

Menyikapi masalah pemerataan imunisasi bagi seluruh kawasan di Indonesia sangat dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar program ini berjalan dengan lancar. 

Kendala-kendala yang masih banyak dialami dalam proses penyebaran ini adalah adanya kesalahan pemahaman orang tua tentang manfaat imunisasi, wilayah geografis, jadwal imunisasi yang telat, dan mitos terkait adanya imunisasi.

Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa imunisasi bisa membahayakan kesehatan anak sehingga mereka lebih memilih untuk diam di rumah. 

Awal mula mitos ini muncul ketika wabah polio melanda wilayah jawa barat, beberapa anak mengalami kelumpuhan sesaat setelah disuntikkannya vaksin polio namun setelah diperiksa dan di analisa dengan pemeriksaan virus (Virologi) terbukti anak-anak tersebut telah terinfeksi oleh virus polio liar sebelum mereka mendapat vaksin polio. 

Menyikapi hal ini pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar lebih cermat dan berhati-hati dalam menyikapi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). 

Begitu juga dengan KIPI berat lainnya, yaitu setelah dilakukannya pemeriksaan ternyata anak-anak itu sudah terinfeksi virus sebelum mendapatkan imunisasi. 

Maka dari itu perlu adanya kerja keras dari berbagai pihak untuk memberikan penjelasan agar masyarakat paham tentang apa saja manfaat imunisasi.

Sumber & Referensi
  • https://www.nhsinform.scot/healthy-living/immunisation/why-immunise/benefits-of-immunisation
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Imunisasi Untuk Kesehatan Tubuh Anak-Anak"