Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Manfaat ginseng telah banyak di rasakan oleh kalangan masyarakat. Ramuan ajaib merupakan sebutan dari tanaman ginseng ini, hal ini dikarenakan manfaat untuk kesehatan yang beragam dapat diperoleh dari tanaman ini. 

Sejumlah masalah kesehatan diyakini dapat disembuhkan dengan manfaat ginseng. Seperti dapat menaikkan tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi dapat turun dengan khasiat dari ginseng seperti dari yang dikatakan oleh kebanyakan orang.

Sebenarnya sejak lama keberadaan ginseng sudah bisa ditemukan dan dalam pembuatan herbal Cina manfaat dari tanaman ini telah banyak digunakan. 

Dalam pengobatan secara tradisional di Indonesia juga menggunakan tanaman ginseng. Kandungannya seperti mineral, vitamin, polyacetylenes, asam lemak, polysaccharides, peptides, phytosterols, saponins, merupakan kandungan bioatif yang banyak dimiliki oleh tanaman ini.

Khasiat Ginseng Bagi Kesehatan

Sebagai ramuan tradisional manfaat dari tanaman ginseng telah banyak digunakan oleh kalangan orang banyak. Berikut ini beberapa manfaat ginseng untuk kesehatan.

Mengurangi Kelelahan

Akibat dari terlalu banyak pekerjaan perubahan fisiologis pada tubuh untuk beradaptasi dengan rasa lelah dan hal ini dapat diyakini bisa diperoleh dari peran adaptogenik dari berbagai strain Ginseng.

Meningkatkan Daya Tahan Atlet

Di kalangan atlet ginseng telah menjadi tonik stimulan yang sangat populer karena stamina akan dapat meningkat dengan kualitas dari ginseng. 

Agar staminanya tetap tinggi seorang atlit harus bisa menjaga secara konsisten dan dalam mewujudkannya ginseng dapat membantu.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol LDL (kolesterol jahat) akan dapat turun dengan manfaat dari ginseng dan hal ini telah ditemukan pada beberapa penelitian. 

Dalam tubuh kolesterol akan dapat turun dengan ginseng yang bertanggung jawab terhadapnya karena kandungan ginsenocides yang terdapat di dalamnya dan inilah yang dipercayai oleh para ilmuwan.

Mencegah Perkembangan Kanker

Ginseng dapat menghambat sel-sel kanker jenis tertentu dalam pertumbuhannya. Efek anti tumor dimiliki oleh ginsenosides dan kerusakan pada sel dapat diinduksikan seperti sel neuroblastoma, sel paru-paru adenokarsinoma dan kerusakan pada sel kanker prostat dan hal ini merupakan hasil yang telah dilaporkan pada Chinese Medicine Journal. 

Selain itu pertumbuhan sel kanker juga dapat dihambat karena fungsi dari ginseng yang mampu menghambat perkembangan siklus sel.

Mengurangi Stres Mental

Disamping dapat menghilangkan rasa lelah dan merubah mood, tanaman ini juga dapat meningkatkan kewaspadaan mental. Selain itu dapat pula sebagai anti kecemasan dan antidepresan dari manfaat lainnya. 

Akan mengalir keluar pada hormon adrenal (noradrenalin, adrenalin, kortisol) ketika seseorang mengalami stres yang sangat berlebihan sehingga beragam masalah kesehatan akan berpotensi menyerang mereka. 

Dalam menyeimbangkan tingkat adrenalin seseorang, ginseng dapat bermanfaat dalam mengatasi situasi seperti ini.

Mengobati Diabetes

Dengan mengkonsumsi ginseng akan dapat secara drastis turun dari tingkat gula dalam darah. Namun jika obat antidiabetes telah anda gunakan, untuk mengkonsumsi secara bersamaan dengan ginseng anda harus mempertimbangkannya kemabali. 

Karena gula dalam darah akan bisa menjadi rendah apabila obat diabetes dicampur dengan ginseng. Dalam hal ini rekomendasi dari dokter sangat diperlukan.

Merangsang Sistem Kekebalan dan Saraf

Kekebalan tubuh akan dapat ditingkatkan dengan ginseng. Kualitas hidup dapat ditingkatkan dengan ginseng dan hal ini seperti yang dikatakan oleh sejumlah pakar obat herbal. Selain itu juga dapat dirangsang untuk tetap

awet muda karena sifdat adaptogenik yang dimiliki oleh ginseng. Dan sel-sel yang rusak dalam tubuh akan dapat dipulihkan pada orang tua. 

Penyakit flu dan infeksi lainnya juga dapat dilawan dengan tanaman ini.

Untuk mencegah terjadinya kontraindikasi terutama pada ibu hamil dan menyusui tidak disarankan untuk mengkonsumsi ginseng. 

Dari beberapa obat seperti diuretic, aspirin, heparin, warfirin ini juga dapat bereaksi dari pengaruh tanaman ini. 

Oleh karena itu jika anda sedang mengkonsumsi obat untuk hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ginseng karena tidak akan mendapatkan manfaat ginseng.

Sumber & Referensi
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/262982
  • https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-ginseng
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Tubuh"