Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Daun Sirsak, Untuk menyembuhkan Kolesterol Hingga Asam Urat

Manfaat Daun Sirsak, Untuk menyembuhkan Kolesterol Hingga Asam Urat

Kolesterol dan asam urat merupakan sebagian penyakit yang merepotkan banyak orang. Obati secara alami dengan daun sirsak. Ini ulasan lengkapnya…

Sudah diketahui banyak orang bahwa kolesterol tinggi dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. 

Dari penyakit ringan, sedang hingga berat bisa dipicu oleh kolesterol. Sementara penyakit lain yang tak kalah menyusahkan adalah asam urat. 

Penyakit ini membuat Anda akan sulit memenuhi kewajiban tugas harian yang agak berat. 

Namun jangan khawatir, kali ini kami punya tips sehat menggunakan manfaat daun sirsak untuk mengatasi hipertensi dan asam urat.

Kolesterol jahat bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat. Misalnya sering mengonsumsi makanan tidak sehat, kurang serat, kurang bergizi. 

Pola makan ini diperparah dengan malas olahraga dan kurang tidur.

Sedangkan penyakit asam urat merupakan penumpukan asam urat di sendi. Hal ini terjadi jika pembuangan asam lebih sedikit ketimbang produksi asam urat dalam tubuh. 

Akibatnya akan terbentuk kristal-kristal natrium urat yang mengakibatkan peradangan di persendian dan lapisan lunak sendi.

Pemicu asam urat bisa dari kebanyakan konsumsi makanan yang mengandung zat purin yang tinggi. 

Makanan golongan ini seperti jeroan hewan, sea food seperti kerang, kepiting, teri dan ikan makarel. 

Asam urat juga bisa dipicu oleh kebiasaan konsumsi minuman manis dan alkohol secara berlebihan.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol

Untuk mengatasi kolesterol jahat bisa dimulai dengan mengibah pola hidup menjadi lebih sehat. Selain itu gunakan manfaat daun sirsak untuk meringankan kolesterol. 

Caranya, rebuslah sejumlah daun sirsak dengan air bersih hingga mendidih. Panaskan terus hingga air yang dipakai tersisa separuhnya. 

Setelah dingin minumlah air rebusan daun sirsak ini 2 kali sehari. 

Ada cara yang lebih enak. Yaitu Anda gunakan buah sirsak yang sudah matang. Bersihkan, blender hingga menjadi jus dan minumlah 2x sehari.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat

Selain untuk mengatasi kolesterol, daun sirih juga bermanfaat untuk mengatasi asam urat. Caranya tak jauh beda dari yang telah dibahas diatas. Pilihlah 15 lembar daun sirsak yang segar. 

Bersihkan lalu rebus dengan air bersih agak banyak. 

Selanjutnya air dan daun sirsak tersebut dimasak hingga mendidih. Setelah mendidih tunggukah sampai air yang dalam panci tempat memasak tadi tersisa sekitar 2 gelas saja. 

Setelah itu angkat dan diamkan hingga dingin. Minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari sampai sembuh. 

Ingat, tak perlu disaring. Biarkanlah daun sirsak dalam panci tersebut tanpa disaring.

Manfaat Lain Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Selain manfaat daun sirsak yang berguna untuk mengatasi kolesterol dan asam urat, masih banyak kegunaan lain dair daun sirsak. 

Terdapat kandungan zat anti oksidan berupa enzim katalase, dismutase superoksida dan anti oksidan non enzim.

Secara tradisional, sejak dahulu daun sirsak digunakan untuk menobati penyakit kuning. Ekstrak daun sirsak juga bermanfaat untuk mengatasi kanker dan tumor. 

Air rebusan daun sirsak juga punya potensi untuk melindungi organ hati dari efek asetaminofen dan karbon tetraklorida.

Waspadai Efek Samping Daun Sirsak sebelum Konsumsi Ekstraknya

Jika Anda tertarik untuk menggunakan manfaat daun sirsak untuk menjaga kesehatan Anda, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. 

Meskipun bahan herbal dan alami, namun pengobatanya tetap membutuhkan aturan. Lalu apa saja kemungkinan efek samping daun sirsak ini.

Menurut situs Alo Dokter, yang bisa disimpulkan hingga saat ini adalah konsumsi buah sirsak ternyata mempunyai hubungan erat dengan adanya gangguan degeneratif pada saraf. 

Selain itu, ada kecurigaan adanya efek racun saraf oleh daun sirsak. Sehingga bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap tentang manfaat daun sirsak untuk kolesterol dan asam urat. 

Sebelum menggunakan obat berbahan herbal ada baiknya Anda konsultasikan dengan dokter. Demikian semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Sirsak, Untuk menyembuhkan Kolesterol Hingga Asam Urat"