Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih sudah banyak sekali dikenal di masyarakat dan juga telah teruji secara klinis. Sirih adalah tumbuhan obat yang memberikan banyak sekali manfaat kepada kita. 

Sirih mengandung zat antiseptik di seluruh bagiannya dan daunnya telah banyak digunakan untuk mengobati mata merah, mimisan, keputihan, membuat suara menjadi lebih nyaring, dan masih banyak lagi, termasuk disfungsi ereksi. 

Manfaat daun sirih yang sudah teuji secara klinis ternyata banyak sekali, mulai dari mengobati batuk, bisul, hingga bau mulut. 

Hingga saat ini, penelitian dengan subjek tanaman ini masih terus dikembangkan. 

Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Daun sirih sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah sedikit resep tentang bagaimana cara pemanfaatan daun sirih untuk kesehatan.

Dari Batuk hingga Bisul

Beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan diantaranya adalah tanaman ini bisa mengobati batuk, luka bakar dan mimisan. 

Untuk batuk , siapkan paling tidak 15 lembar daun sirih serta tiga gelas air. Kemudian cuci bersih daunnya dan rebus hingga tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum segera bersama madu untuk pemanis. 

Untuk luka bakar, ambil daun sirih secukupnya dan kemudian cuci bersih. Peras airnya dan campurkan sedikit madu, bubuhkan ke daerah luka bakar. 

Untuk mimisan, siapkan satu lembar daun sirih yang masih muda, kemudian memarkan dan gulung. Kemudian gunakan itu untuk menyumbat hidung yang berdarah.

Beberapa manfaat daun sirih yang lain adalah untuk mengobati bisul dan mata merah dan gatal. Untuk bisul, ambil satu lembar daun sirih dan cuci bersih. 

Setelah itu giling daunnya sampai halus dan kemudian oleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti paling tidak dua kali sehari. 

Untuk mata merah dan gatal, siapkan 5-6 daun sirih yang masih muda dan rebus dengan segelas air hingga mendidih. 

Tunggu sampai dingin untuk digunakan untuk mencuci mata dengan menggunakan gelas dan cuci mata paling tidak tiga kali sehari sampai sembuh.

Gigi Putih Tanpa Bau Mulut

Ternyata orang tua jaman dahulu juga telah mengetahui manfaat daun sirih. Mereka mengunyah daun sirih agar bisa mempunyai gigi yang kuat. Oleh sebab itu, gigi mereka jarang ada yang keropos dan masih terlihat putih bersih. 

Daun sirih berwarna hijau, batangnya yang beruas dan merambat yang merupakan tempat keluarnya akar. 

Kandungan yang terdapat pada daun sirih adalah diantaranya minyak atsiri, seskuiterpen, diatase, gula, zat samak, pati, dan kavikol yang mempunyai daya yang sangat mematikan terhadap kuman. 

Anda juga dapat memanfaatkan daun lainnya seperti manfaat daun sirsak.

Beberapa manfaat lain adalah untuk mengatasi bau mulut, caranya rebus beberapa daun sirih sampai mendidih, kemudian diamkan hingga hangat, pakai air rebusan tersebut untuk kumur-kumur. 

Anda juga dapat langsung mengunyah satu lembar daun sirih untuk menghilangkan bau mulut.

Mengobati sariawan, mengobati deman berdarah, mengobati sakit gigi, dan mengobati radang tenggorokan adalah beberapa dari manfaat daun sirih.

Sumber & Referensi
  • https://www.stylecraze.com/articles/medicinal-uses-of-betel-leaf/
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan"