Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Manfaat daun sambiloto memang belum diketahui benar apa saja manfaatnya, mungkin yang hanya diketahui adalah rasanya yang sangat pahit ketika dirasakan. 

Tetapi tahukah anda jika tubuh kita akan lebih sehat apabila kita mengkonsumsi tanaman yang satu ini. Dalam hal ini manfaat dari sambiloto bisa digunakan sebagai obat herbal selain alternatif lain dari pengobatan secara medis. 

Memang benar meskipun tanaman ini sangat pahit rasanya namun dibalik itu banyak sekali senyawa yang dikandungnya sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Khasiat dan Kandungan Daun Sambiloto

Dalam bab kali ini mengenai senyawa yang dikandungnya akan dijelaskan kepada anda semua supaya lebih mengenal lagi apa saja sebenarnya manfaat daun sambiloto bagi kesehatan tubuh kita. 

Flavonoid yang merupakan zat antioksidan merupakan salah satu senyawa yang dikandung di dalam daun sambiloto. 

Radikal bebas pemicu oksidasi akan mampu dicegah dengan khasiat dari daun sambiloto yang mana telah ditunjukan di dalam sebuah penelitian. 

Oleh karena itu berbagai penyakit degenerative bisa kita cegah dengan mengkonsumsi tanaman ini dengan teratur, berbagai penyakit tersebut seperti penyakit jantung koroner ataupun diabetes mellitus yang merupakan penyakit metabolic.

Regenerasi sel hepar bisa ditingkatkan lagi dengan manfaat daun sambiloto jika dikonsumsi secara rutin. Rusaknya sel hepar bisa digantikan dengan regenerasi tersebut. 

Glutation yang merupakan status enzim antioksidan bisa ditingkatkan oleh toksisitas BHC yang merupakan penyebab dari rusaknya organ hepar bisa diperbaiki dengan manfaat daun sambiloto. 

Tak hanya sebagai zat antioksidan saja namun manfaat lainnya yakni bisa mengatasi kencing manis, faringitis, tekanan darah tinggi, batuk pertusis, tuberkolosis pada paru-paru, demam, sakit kepala, influenza, radang paru, radang saluran nafas, diare, disentri dan tifoid.

Cara Mengolah Daun Sambiloto Sebagai Obat

Bagi anda yang bingung bagaimana cara dalam mengolah sambiloto adalah dengan menyiapkan daun sambiloto sebanyak 10 hingga 20 gram lalu dikeringkan, kemudian sebelum menyeduhnya yang bisa dilakukan adalah kita bisa memilah daunnya apakah kita giling ataupun direbus. 

Kita bisa juga memasukkan serbuk dari daun sambiloto yang telah halus tersebut sebagai kapsul yang mana selain itu bisa juga dibuat seduhan minuman yang akan kita minum seharinya sebanyak 3 hingga 4 kali. 

Namun jika dalam bentuk kapsul untuk mengkonsumsinya dalam sehari sebanyak 4 hingga 6 tablet. Selain itu bisa juga sebagai ramuan cuci apabila daun sambiloto tadi direbus dahulu sebagai obat luarnya. 

Penyakit gatal ataupun bisul bisa disembuhkan dengan daunnya yang telah digiling hingga halus lalu digunakan sebagai obat untuk membubuhkan pada rasa yang dirasa sakit dan tunggulah manfaat daun sambiloto.

Sumber & Referensi
  • https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-sambiloto-hlt/
  • https://www.ayosurabaya.com/read/2021/02/04/7103/3-cara-mengolah-sambiloto-obat-alami-tingkatkan-imun-tubuh-saat-pandemi-covid-19
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh"