Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat daun pepaya memang sangat banyak. Terlebih lagi jika kita mengetahuinya lebih jauh lagi tak hanya daunnya saja yang penuh manfaat melainkan seluruh bagian dari tanaman ini bisa sangat berguna bagi kesehatan. 

Seperti di mulai dari buah, daun dan juga akar dari tanaman papaya, seluruhnya mampu kita manfaatkan. 

Namun di dalam artikel ini kami khusus memberikan anda mengenai manfaat dari daun pepayanya saja, simaklah dibawah ini.

Khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Berikut Manfaat Daun Pepaya yang dapat Anda dapatkan dari buah satu ini untuk kesehatan tubuh Anda:

Anti Kanker

Sebagai anti kanker, itulah manfaat yang akan kita bahas pertama mengenai daun papaya walaupun di dalam beberapa penelitian yang telah di lakukan masih belum secara jelas dalam pembuktiannya. 

Di sisi lain tak hanya daun dari tanaman ini saja yang mampu digunakan sebagai anti kanker yakni bagian lainnya seperti batangnya pun juga mampu dimanfaatkan. 

Milky late atau getah putih seperti susu itulah yang dimiliki dari kedua bagian dari tanaman pepeya ini.

Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid yang dirasakan oleh kalangan perempuan ketika mereka sedang menstruasi seringkali diobati dengan menggunakan daun papaya. 

Caranya sangat mudah yakni dengan menyiapkan daun papaya yang masih muda yang jumlahnya 1 lembar, garam dan asam jawa. 

Sesudah itu siapkan air sebanyak 1 gelas ( 250 cc ) dan gunakanlah untuk mendidihkannya. 

Setelah selesai taruh ramuan ini ke dalam gelas dan jangan lupa untuk menambahkan pula 2 sendok madu. Kemudian ramuan ini siap untuk diminum.

Mengobati Demam Berdarah

Ternyata penyakit demam berdarah juga bisa disembuhkan dengan menggunakan daun pepaya.

Caranya sangat mudah yakni dengan menyiapkan daun papaya yang masih muda sebanyak 5 lembar. 

Kemudian air sebanyak setengah liter untuk kemudian digunakan untuk mendidihkan ramuan ini hingga hanya tersisa sebanyak satu gelas atau sama dengan seperempat. 

Jangan lupa pula untuk menambakan madu sebanyak 2 sendok dan juga garam sedikit saja. Setelah ramuan ini tidak lagi panas atau hangat anda bisa segera meminumnya. 

Sampai gejala yang dirasakan turun minum ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

Menambah Nafsu Makan

Bagi anda para orang tua yang anaknya susah makan. Cobalah resep yang berbahan dasar daun papaya ini yakni dengan siapkan daun papaya yang masih dalam kondisi segar seukuran telapak tangan, air sebanyak 200 cc dan juga garam. 

Lalu gunakan blender untuk mencampurkan semua bahan tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan madu sebanyak 2 sendok setelah air ramuan ini telah disaring sebelumya. 

Supaya nafsu makan anak anda bisa lebih meningkat minumkan secara rutin ramuan ini.

Sebagai Obat Jerawat

Masalah jerawat ini ternyata mampu diatasi dengan menggunakan dan papaya. Gunakan masker yang berbahan daun papaya supaya penampilan wajah anda lebih cerah tanpa adanya jerawat yang muncul pada muka. 

Caranya sangat mudah yakni dengan menyiapkan daun papaya yang sudah tua sebanyak 2 sampai 3 lembar atau sama dengan 30 gram. 

Setelah itu jemur hingga daun menjadi layu baru haluskan. Siapkan pula air sebanyak 30 cc atau satu setengah sendok untuk membuat ramuan ini menjadi masker. 

Gunakan masker yang telah anda buat tadi untuk menghilangkan jerawat. 

Selain masker ini anda pun juga bisa gunakan getah pepaya yang masih dalam kondisi masih muda secara teratur. Dan tunggu hasil yang akan membuat anda sangat senang dengan muka anda yang tidak ada jerawat.

Melancarkan Pencernaan

Kimia senayawa karpain merupakan kandungan yang terdapat di dalam daun papaya yang mana hal ini sangat bermanfaat bagi pencernaan manusia. 

Hal ini dikarenakan fungsi pencernaan yang bisa terganggu oleh mikroorganisme mampu dibunuh dengan zat ini.

Membantu Perlancar ASI

Siapkan daun papaya yang masih muda sebanyak 3 lembar, daunnya anda remas lalu diatas api letakkan daun tersebut sampai menjadi layu. 

Pada sekeliling payudara tempelkan daun yang telah layu tadi. Namun jangan sampai mengenai putingnya. Itulah manfaat daun pepaya.

Sumber & Referensi
  • https://www.medindia.net/patients/lifestyleandwellness/health-benefits-of-papaya-leaves.htm
  • https://pharmeasy.in/blog/papaya-leaves-and-seeds-to-treat-fevers-and-other-ailments/
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh"