Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan

Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan

Daging sapi dan daging kambing biasa dinikmati semua orang saat Idul Adha. Nah, apa saja manfaat daging kambing? Benarkah daging kambing adalah sumber kolesterol jahat? Benarkah membangkitkan gairah?

Hampir semua orang kenal dengan daging kambing. Ada yang penggemar, pun ada yang benci dan muak karena baunya yang menyengat. 

Daging kambing selalu bisa kita jumpai di berbagai lokasi yang ada penjual satenya. Banyak pula informasi tentang manfaat daging kambing yang beredar. 

Dari yang sebatas mitos hingga yang memang fakta. Nah, kami akan bahas yang fakta saja.

Memang kita juga sering mendengar bahwa daging kambing tidak baik untuk kesehatan. Biasanya dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kolesterol dan hal lainnya.

Sebenarnya, tidak semua rumor itu benar. Dalam hal kandungan gizi dan nutrisi, menurut sebuah situs pengawas makanan Amerika, USDA, dalam 100 gram daging kambing terdapat 27 gram protein. 

Terdapat juga 143 kkal kalori, dan 3 gram saja lemak. Kandungan kolesterolnya ternyata memang tinggi, mencapai 75 mg. 

Selain itu, daging kambing sama dengan dagin merah lainnya, yaitu sapi, memiliki kandungan zat besi, vitamin B12, fosfor dan selenium.

6 Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan dan Kebugaran

Dari sekian kandungan nutrisi dan gizi dalam daging kambing, maka dapat kita ketahui bahwa manfaat daging kambing untuk kesehatan adalah seperti uraian berikut ini.

1. Daging Kambing Sebagai Sumber Energi Harian

Melihat tingginya kadar protein dan kalori dalam daging kambing, maka daging kambing sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan energi untuk aktivitas sehari-hari.

2. Mendukung Program Pembentukan Otot

Bagi Anda yang sedang menjalani program pembentukan otot, maka kandungan protein yang cukup tinggi dalam daging kambing sangat baik untuk mendukung program yang Anda jalani. 

Karena itu daging kambing bisa menjadi salah satu menu pilihan.

3. Zat Besinya Mencegah dan Mengatasi Anemia Serta Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Zat besi dalam daging kambing adalah 1 mg per 100 gramnya. Zat besi berguna untuk membantu produksi sel darah merah dan akhirnya mencegah anemia. 

Jumlah tersebut merupakan 26% dari kebutuhan harian terhadap zat besi. Selain mencegah anemia, zat besi juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Antioksidan Dalam Daging Kambing

Kandungan selenium dalam daging kambing mencapai 38 mg per 100 gramnya dan mencukupi 54% kebutuhan harian. Selenium menjadi bagian dari antioksidan, sehingga daging kambing bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda.

5. Manfaat Daging Kambing Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Dalam daging kambing terdapat 0,3 mg vitamin B2 yang merupakan 18% dari kebutuhan harian. Vitamin B2 sendiri penting untuk menjaga kesehatan mata. 

Sehingga dengan mengonsumsi daging kambing sesuai takaran, maka mata Anda akan lebih sehat.

6. Daging Kambing Untuk Kesehatan Tulang

Selain menambah massa otot, daging kambing juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang. 

Ini karena adanya phosphorus dalam daging kambin yang berjumlah 272 mg dan memenuhi 27% kebutuhan harian.

Itu soal manfaatnya daging kambing. Nah, selain ada manfaat yang hebat, Anda juga harus hati-hati dalam mengonsumsi daging kambing. 

Jangan berlebihan karena ada kadar kolesterol yang cukup tinggi dalam daging kambing. Terapkanlah cara memasak daging kambing agar tak melipat gandakan kolesterolnya, baca petunjuknya di akhir artikel ini.

Benarkah Daging Kambing Meningkatkan Libido/Gairah?

Isu yang berkembang di masyarakat menyimpulkan bahwa dagin kambing identik dengan gairah seks. Hal itu tidaklah salah namun juga tidak sepenuhnya benar.

Soal daging kambing meningkatkan gairah memang karena ada kandungan zink yang per 100 gram daging kambing sudah mencukupi 34% kebutuhan harian. 

Zink berperan penting dalam meningkatkan produksi hormon testostoron yang berkaitan erat dengan libido atau gairah seks. 

Nah, dari sinilah konsumsi daging kambing memang bisa meningkatkan libido seseorang.

Namun itu tidak semuanya benar, dalam arti bukan hanya daging kambing saja yang bermanfaat untuk meningkatkan gairah seseorang. 

Karena faktanya setiap daging warna merah ternyata memiliki khasiat sama dengan daging kambing dalam hal meningkatkan gairah. 

Jadi bagi orang yang tak suka daging kambing, bisa mengonsumsi daging sapi atau lainnya untuk menaikkan libido.

Cara Masak Daging Kambing Yang Baik Dan Benar Untuk Memperoleh Manfaatnya

Ini bukan resep masakan daging kambing. Tapi cara agar olahan daging kambing dan daging sapi yang Anda lakukan menghasilkan masakan yang sehat. 

Mengolah daging baik dari sapi, kambing maupun unggas yang baik dan benar terkait kesehatan adalah dengan meminimalkan kolesterolnya.

Caranya adalah, sebelum memasak daging kambing dan lainnya, potong dan buanglah lemak yang tampak menempel pada daging. 

Begitu juga yang menempel pada kulit. Setelah itu hindarilah memasak daging kambing dengan cara digoreng. 

Yang dianjurkan adalah dengan cara dipanggang. Sebab, daging panggang terbukti hanya memiliki setengah lemak pada daging yang digoreng. 

Selanjutnya hindarilah penambahan minyak atau lemak saat Anda mengolah daging. Dan terakhir, imbangi daging kambing dan sapi dengan hidangan sayuran serta kacang-kacangan.

Penutup

Nah, jelas bukan manfaat daging kambing sekaligus dengan cara memasak yang benar dan sehat? 

Semoga bisa menjawab pertanyaan yang Anda pikirkan selama ini tentang daging kambing. 

Selamat menikmati masakan Anda, dan jangan berlebihan.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan"