Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Cabai Merah untuk Kesehatan

Manfaat Cabai Merah untuk Kesehatan
Manfaat Sayuran - Manfaat cabai merah sangat beragam ternyata. Cabai merupakan bagian dari bumbu masakan yang sangat penting karena bisa memberikan sensasi pedas pada makanan tersebut. 

Pada sebagian besar orang, cabai itu wajib, karena mereka menganggap makanan tidak pedas itu tidak nikmat. 

Sambal memang sudah akrab ditelinga kita, saat kita makan lalapan pasti ada sambal sebagai pelengkapnya. 

Aplikasi dari cabai pun saat ini mulai beragam, ada yang dicampur dengan keripik singkong, kerupuk dan lainnya. 

Namun sudah tahu apa belum ya, jika ternyata cabai memiliki manfaat yang sangat banyak.

Khasiat Cabai Merah Bagi Kesehatan

Ini adalah beberapa manfaat cabai merah yang bisa anda nikmati, antara lain :

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan zat yang terkandung dalam cabai ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh pada seseorang. 

Cabai banyak mengandung vitamin C, vitamin ini sangat efektif dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh yang kita miliki. 

Selain itu cabai merah juga mengandung vitamin A dan B sehingga sangat efektif dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti flu, batuk dan pilek. Jika kita melihat vitamin A sangat efektif dalam menangkal infeksi, seperti infeksi paru-paru, saluran hidung, saluran pencernaan dan salurang kandung kandung kemih. 

Maka dari itu tidak rugi anda menyukai masakan pedas.

Membantu Melegakan Pernapasan

Salah satu manfaat cabai merah adalah mampu melegakan pernapasan. Jika anda sedang flu, coba saja makan makanan yang sangat pedas, rasa pedas dan panas yang ditimbulkan oleh cabai mampu merangsang sekresi (cairan dalam saluran pernapasan) untuk memberihkan hidung yang tersumbat dan sinus. 

Maka dari itu lendir yang berada di hidung dan paru-paru dapat dibersihkan dengan cukup mengonsumsi cabai merah. 

Mulai sekarang anda bisa memasukkan sambal dalam menu harian anda.

Melawan Radang

Manfaat cabai merah yang lainnya adalah mampu melawan radang. Cabai merah mengandung zat kapsaisin yang sangat efektif dalam menyembuhkan radang karena zat ini mampu menghambat neuropeptida. 

Neuropetida adalah senyawa yang sangat berperan dalam proses peradangan. Selain itu jika anda ingin mengalami rasa nyeri pada sendi atau rematik dan anda ingin menyembuhkannya lebih cepat sebaiknya pilihlah krim atau salep yang mnegandung kapsaisin. 

Dengan begitu beberapa masalah kesehatan bisa teratasi dengan kandungan zat dalam cabai.

Perlindungan Dari Kanker

Zat kapsaisin dalam cabai sangat efektif dalam mencegah dan menyembuhkan peradangan, dengan begitu ini zat ini juga pasti sangat efektif dalam mencegah penyebaran sel kanker prostat. 

Namun anda harus tahu konsumsi cabai merah yang berlebihan akan dapat meningkatkan kanker perut. Intinya, “Sesuatu yang berlebihan itu kurang baik.”

Menjaga Berat Badan

Siapa yang menyangka, dengan mengonsumsi cabai merah kita bisa menjaga berat badan tetap stabil. Itu adalah salah satu manfaat cabai merah. 

Saat anda mengonsumsi cabai, tubuh akan merasa panas, efek ini sama dengan yang dihasilkan saat kita berolahraga, ini berarti bahwa cabai mempunyai efek termogenik yaitu mampu memproduksi panas dalam tubuh sehingga bisa membantu pembakaran lemak.

Selain itu cabai juga sangat berperan dalam mempercepat proses pencernaan dan metabolisme sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Jantung Lebih Sehat

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, cabai ternyata sangat berperan dalam menyehatkan jantung. 

Zat dalam cabai terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan trigliserida. Selain itu cabai juga mengandung zat essential yang mampu mengencerkan darah sehingga masalah dengan pembekuan darah bisa diatasi. 

Dengan beberapa fungsi itu system peredaran darah pada jantung semakin lancar dan menjadikan jantung lebih sehat. Itulah beberapa manfaat cabai merah.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Cabai Merah untuk Kesehatan"