Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah sirsak ternyata sangat penting untuk kesehatan kita karena di dalam buah sirsak ternyata mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. 

Buah sirsak termasuk buah yang semu, daging buahnya lembek atau lunak, berserat, berwarna putih, dan berbiji hitam pipih. Manfaat buah sirsak ternyata sangat penting untuk kesehatan kita mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah kanker. 

Kandungan zat yang ada di dalam buah sirsak sangat beragam dan memiliki banyak sekali manfaat. Adapun kandungan dari buah sirsak salah satu diantaranya adalah kaya akan Vitamin C. 

Buah sirsak mengandung 67,5 persen daging buah, 8,5 persen biji buah, 20 persen kulit buah, dan 4 persen inti buah.

Kandungan Zat Pada Buah Sirsak

Berikut ini adalah beberapa kandungan yang bisa menjadi manfaat buah sirsak. Setelah air, kandungan zat gizi yang paling banyak dalam sirsak adalah karbohidrat. 

Salah satu jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah sirsak adalah gula pereduksi atau glukosa dan fruktosa dengan kadar berkisar 81,9 – 93,6 persen dari total kandungan gula. 

Buah sirsak juga mengandung sangat sedikit lemak sehingga sangat bagus untuk kesehatan. Rasa asam pada buah sirsak adalah berasal dari asam organik non volatil, yaitu asam malat, asam isositrat, dan asam sitrat.

Vitamin yang paling dominan yang terkandung dalam buah sirsak adalah vitamin C, yakni sekitar 20 mg per 100 gram. Kebutuhan vitamin C tiap orang per hari adalah 60 mg, sudah dapat dipenuhi hanya dengan 300 gram daging buah sirsak. 

Ini adalah salah satu manfaat buah sirsak yang paling utama. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada sirsak adalah antioksidan yang sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita serta memperlambat proses penuaan dan bisa tetap awet muda.

Khasiat Buah Sirsak 

Berikut adalah manfaat buah sirsak yang sangat kompleks. Buah sirsak mengandung karbohidrat yang sangat diperlukan untuk memberikan tenaga bagi kegunaan badan. 

Kekurangan karbohidrat bisa menyebabkan seseorang merasa lemah dan tidak semangat. 

Buah sirsak juga mengandung Fruktosa yang menjadi pemanis yang banyak sekali manfaatnya, Fruktosa adalah monosakarida dan juga disebut sebagai gula yang sederhana. 

Fruktosa adalah gula sederhana yang bisa ditemukan di beberapa jenis makanan misalnya dalam buah sirsak adalah satu dari tiga gula darah berguna bersama dengan glukosa dan galaktosa.

Salah satu kegunaan yang merupakan sebuah penemuan baru adalah kemampuan buah sirsak menyembuhkan penyakit kanker. 

Buah sirsak bisa melumpuhkan sel kanker karena mempunyai zat annonaceuos actogenins yang mampu membunuh kanker prostat, payudara, usus, pancreas, dan paru-paru tanpa merusak sel yang masih sehat. 

Caranya adalah anda rebus 10 lembar daun sirsak saja dengan dicampur 3 gelas air, kemudian biarkan air tinggal satu gelas dan setelah itu diminum tiap pagi dan sore hari. Anda juga dapat mengambil manfaat buah apel untuk kesehatan anda.

Ini hanyalah satu dari beberapa yang paling banyak dicari orang dari manfaat buah sirsak.

Sumber & Referensi
  • https://www.prevention.com/food-nutrition/a23895920/soursop-benefits/
  • https://www.pulse.ng/lifestyle/food-travel/soursop-here-are-the-health-benefits-of-this-fruit/9ecx6w1
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh"