Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat Buah-Buahan - Manfaat buah pisang pastinya tidak asing lagi bagi banyak orang. Jika dibandingkan dengan buah-buahan lain, manfaat dari tanaman ini tidak kalah. 

Mudahnya dalam mendapatkan buah yang satu ini menjadikan buah pisang sebagai buah yang seringkali dikonsumsi oleh banyak orang selain rasanya yang sangat manis. 

Oleh karena itu jika dibandingkan dengan buah lain seperti buah srikaya dan buah papaya, buah pisang ini juga seringkali dimakan dalam makanan sehari-hari mereka karena rasa dan dalam mendapatkannya yang sangat mudah.

Jika kita lihat disekitar kita pastinya sudah banyak makanan olahan yang terbuat dari bahan pisang. 

Ya manfaat buah pisang selain bisa dikonsumsi dalam bentuk segar bisa juga dibuat sebagai aneka olahan lainnya seperti bahan pencampur jelly atau dodol, jus pisang, pisang doreng, kripik pisang ataupun dibuat menjadi kue.

Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Tanpa bicara panjang lebar kali ini akan di bahas manfaat buah pisang bagi kesehatan.
Bagi anda yang suasana hatinya sedang tidak baik, tidak ada salahnya jika makan pisang. 

Karena manfaat pisang bisa mengurangi depresi karena kandungan yang terdapat di dalamnya yakni tryptophan yang mana sebuah asam amino yang bisa berubah menjadi serotonin yang berhubungan dengan suasana hati seseorang.

Melindungi Fungsi Mata

Usia degenerasi macula (ARMD) mengenai pengembangannya bagi mereka yang makan buah pisang selama sehari paling sedikit 3 buah pisang maka resiko mengenai hal tersebut bisa berkurang sampai 36 persennya. 

Dalam hal ini jika dibandingkan dengan mereka yang seharinya makan kurang dari 1,5 porsinya akan lebih rentan kehilangan penglihatan matanya. 

Dan hal ini merupakan suatu bukti yang telah dilakukan dalam sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di dalam Archives of Ophythalmology.

Mengatasi Sembelit dan Diare

Fungsi usus akan kembali normal apabila kita memakan makanan yang kaya akan serat. Dan dalam hal ini buah pisang merupakan salah satu buah yang di dalamnya terkandung serat yang cukup tinggi.

Selain dari pada itu bagi mereka yang sedang mengalami diare sudah dipastikan jika kandungan elektrolit di dalam tubuh akan terkuras habis terlebih lagi senyawa potasiumnya, namun dengan mengkonsumsi buah pisang maka hal ini akan teratasi karena kandungan di dalamnya selain serat yakni potassium. 

Tak hanya itu saja gerakan saluran pencernaan akan kembali normal karena serat yang larut (hidrokoloid) yang mana merupakan suatu pektn yang terkandung di dalam tanaman ini.

Mengatasi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa dicegah dengan manfaat buah pisang karena didalam kandungan pisang sodiumnya sangat rendah yakni 1 mg saja tetapi kaliumnya cukup tinggi yakni sebanyak 4673 mg. 

Oleh karena itu penyakit stroke dan tekanan darah tinggi bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi secara rutin tanaman ini dan hal ini telah dilakukan klaim resmi bagi perkebunan pete yang telah diberi ijin oleh US Food Drug Administration baru-baru ini.

Menjadikan Ginjal Sehat

Setiap tahunnya kanker ginjal telah didiagnosa sebanyak 190.000 kasus. Ginjal bisa menjadi sehat apabila mengkonsumsi sayur dan buah-buahan terutama buah pisang secara rutin dan hal ini merupakan bukti yang telah ditunjukkan pada sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di dalam International Journal of Cancer. 

Sebanyak 40 persen resiko kanker ginjal bisa kurangi apabila seharinya mengkonsumsi buah pisang sebanyak 2,5 porsi dan berbagai aneka sayuran bagi perempuan. Dan hal ini merupakan penelitian yang telah dilakukan selama 13,4 tahun lamanya.

Dalam hal ini buah pelindung bisa dikatakan dengan buah pisang yang mana merupakan buah penuh manfaat. 

Jika dibandingkan bagi orang yang perharinya tidak pernah makan pisang bagi mereka yang mengkonsumsi pisang dalam seminggu 6 kali banyaknya resiko perbandingannya bisa 2 kali lebih rendah. 

Dalam hal ini dapat diketahui bahwa resiko penyakit ginjal akan dapat dikurangi apabila seseorang dalam pola makannya memperbanyak sayur dan buah-buahan apalagi pisang, akarnya dan kol. 

Bisa dikatakan seperti itu karena senyawa fenolik antioksidan bisa ditemukan pada buah pisang dalam jumlah yang cukup banyak, di sisi lain belerang bisa ditemukan di dalam kubis yang mana detoksifikasi efektif karsinogen potensial sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Membuat Tulang Menjadi Sehat

Senyawa fruktooligosaccharide bisa ditemukan di dalam buah pisang dan senyawa ini sangatlah banyak di dalamnya. 

Senyawa ini sangat berperan penting di dalam usus besar yang mana bakteri probiotik bisa dipelihara dengan baik. 

Serangan infeksi bakteri jahat akan dapat dicegah dan kemampuan pencernaan akan lebih meningkat dengan bakteri ini yang bisa memproduksi suatu enzim. 

Kalsium akan bisa diserap dengan baik oleh tubuh karena jumlah dan fungsi tubuh yang bisa ditingkatkan oleh suatu fructo yang mana merupakan bakteri probiotik. 

Tak sampai di situ saja mukosa lambung bisa dibentuk karena suatu sel yang sebelumnya telah ternutrisi oleh asam lemak rantai pendek yang dicerna ( SCFAs ) dan senyawa ini terkandung di dalam pisang hijau. 

Kalsium akan bisa terserap dengan lebih baik lagi dengan sel tersebut.

Itulah sementara yang bisa anda simak, anda juga dapat menggunakan manfaat buah lainnya seperti manfaat buah manggis. 

Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini anda akan lebih mengerti dan paham mengenai manfaat buah pisang.

Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan"