Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Manfaat bersepeda bagi kesehatan sangat beragam. Karena ini merupakan salah satu bentuk olahraga sehingga tidak heran jika ini sangat dianjurkan. 

Saat ini kesadaran masyarakat mengenai kesehatan sudah sangat tinggi, maka dari itu mereka berusaha beralih ke hal-hal yang bersifat lebih alami, seperti mengurangi motor atau mobil dengan penggunaan sepeda ketika pergi ke kantor, begitu juga dengan makanan. 

Sepeda juga sudah banyak dijadikan hobi sehingga sudah semakin banyak club sepeda di Indonesia. Jika kita melihat mengenai sejarah sepeda. 

Pertama kali sepeda diperkenalkan di Eropa kira-kira pada akhir abad ke 19, setelah itu mulai menyebar ke Amerika Serikat dan kini sudah populer di seluruh dunia. 

Bahkan olahraga sepeda sudah masuk dalam olimpiade dan olahraga dunia lainnya. 

Olahraga ini tergolong murah dan mudah, juga sangat menyenangkan sehingga hampir semua orang menyukainya. 

Meskipun murah olahraga ini memberikan manfaat yang luar biasa karena dengan ini hampir semua bagian tubuh kita bergerak.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh Anda:

Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan bersepeda secara teratur tidak terasa kita telah meningkatkan kesehatan jantung sehingga kita bisa terhindar dari bahaya penyakit jantung koroner. 

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia, karena tanpanya kita tidak akan hidup. 

Maka dari itu kita wajib menjaga kesehatannya, itu adalah salah satu bentuk syukur kita kepada tuhan yang telah menganugerahkan nikmat yang sangat luar biasa.

Mengurangi Kadar Stress

Salah satu manfaat bersepeda adalah mampu mengurangi tingkat stress yang dialami oleh seseorang. 

Umumnya orang yang bersepeda itu sambil santai, menenangkan pikiran, dan bisa menghirup udara segar sehingga tingkat stress bisa menurun. 

Selain itu olahraga memang mampu menekan hormon penyebab stress.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat bersepeda yang lainnya adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh, karena sepeda merupakan salah satu bentuk olahraga tubuh yang menggerakkan hampir seluruh tubuhnya. 

Maka dari itu dengan meningkatnya system imun tubuh maka berbagai penyakit dapat dihindari seperti tekanan darah tinggi serta diabetes, karena dengan olahraga ini pula berat badan dapat lebih terkontrol.

Mengastasi Permasalahan Pada Kaki

Manfaat bersepeda yang berikutnya adalah mampu mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada kaki dan mungkin hanya bisa disembuhkan dengan bersepeda bukan dengan jalan, lari ataupun aerobik.

Contohnya adalah mampu mengatasi masalah selulit yang biasa terjadi di paha, mengurangi stress pada lutut dan pergelangan kaki.

Membentuk dan Menguatkan Otot

Dengan bersepeda kita telah berusaha untuk membentuk tubuh dan meningkatkan energy. Itu adalah salah satu dari manfaat bersepeda. 

Kegiatan ini banyak menggerakkan otot-otot pada kaki seperti paha, betis dan daerah sekitar panggul.

Maka dari itu jika anda rajin berolahraga maka lemak yang berada pada daerah ini akan berangsur menghilang dan tergantikan dengan otot.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Hampir semua olahraga meningkatkan kerja jantung sehingga darah yang dialirkan ke seluruh tubuh pun semakin banyak, begitu juga dengan oksigen, karena oksigen mengalir bersama dengan darah.

Sirkulasi darah yang lancar mampu mengantarkan nutrisi ke seluruh tubuh sehingga makanan yang kita konsumsi dapat terserap baik nutrisinya.

Manfaat bersepeda memang sangat banyak, namun jika ini dilakukan secara berlebihan maka akan menimbulkan efek yang kurang bagus bagi kesehatan. 

Bahaya Bersepeda Jika Dilakukan Dengan Cara Yang Salah

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang ditimbulkan dari olahraga ini jika dilakukan dengan cara yang salah :

Cedera Tulang Punggung

Salah satu risiko dari olahraga ini adalah terjadinya cedera pada tulang punggung, terutama bagi anda yang menyukai sepeda gunung, karena sepeda ini umumnya digunakan dengan kecepatan tinggi dan dengan jalur yang ekstrim. Selain itu juga karena bentuk dari sepeda itu sendiri.

Masalah Pada Lutut

Masalah pada lutut sering dialami oleh sebagian besar atlet sepeda. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan intensitas dan jarak. 

Selain itu gerakan berulang, model sadel yang terlalu tinggi ataupun rendah juga bisa menimbulkan berbagai permasalahan pada lutut. 

Maka dari itu anda harus bisa menentukan standar pemakaian dan pembuatan model sepeda yang lebih sehat.

Memperparah Penyakit Sendi

Manfaat bersepeda memang banyak, namun ini tidak disarankan bagi mereka yang menderita rematik atau nyeri sendi karena ditakutkan nantinya malah akan memperparah keadaan.

Bersepeda memang sangat rentan terhadap bahaya sinar UV, polusi udara dan radikal bebas. 

Maka dari itu sebaiknya anda menggunakan perlengkapan yang lengkap seperti helm dan masker serta jangan lupa untuk menghindari tempat-tempat yang ramai sehingga polusi udara dapat diminimalisir, jadi kita bisa menikmati manfaat bersepeda.

Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan"