Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Akupuntur Untuk Kesehatan

Manfaat Akupuntur Untuk Kesehatan

Manfaat akupuntur ternyata sangat banyak, selain itu cara pengobatan seperti ini juga lebih aman dan tidak mengandung bahan kimia. 

Dahulu pengobatan medis memang sangat terdepan, namun seiring waktu masyarakat lebih melek terhadap bahaya bahan kimia jika masuk dalam tubuh, memang jika dirasakan dalam jangka pendek tidak akan terlihat karena efeknya akan dirasakan 10 tahun atau 20 tahun ke depan.

 Maka dari itu sudah banyak yang beralih ke pengobatan yang lebih alami seperti herbal, tradisional dan alami. Pengobatan menggunakan akupuntur ini termasuk dalam pengobatan yang alami.

Pertama kali akupuntur dikenalkan di jepang dan cina, kemudian meluas hingga dikenal diberbagai negara. 

Dalam penyembuhannya akupuntur menggunakan metode jarum dan didukung oleh obat herbal (alami dan tradisional) maka dari itu manfaat akupuntur begitu banyak dan tanpa efek samping.

Sudah terbukti manfaat akupuntur sangat banyak.

Manfaat Akupuntur Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan metode akupuntur, antara lain :

Gangguan Pencernaan

Hasil studi dari National Institutes of Health consensus panel membuktikan bahwa akupuntur mampu mengobati gangguan pencernaan, seperti mual dan muntah. Bahkan cara ini sudah digunakan sejak jaman dulu ketika obat kimia belum begitu populer. 

Selain itu metode pengobatan akupuntur juga bisa dijelaskan secara ilmiah, menurut Alex Moros, MD, seorang ahli akupunktur dan direktur Integrative Musculoskeletal Medicine Program dari Rusk Institute Rehabilitation Medicine, NYU Langone Medical Center mengatakan bahwa pengobatan akupuntur mampu melepaskan neurotransmitter sehingga bersifat menenangkan bagi penggunanya, seperti serotonin, dopamine dan mengurangi hormon stres.

Pernyataan Alex juga didukung oleh Geovanni Espinosa, ND, direktur Integrative Urology Center di NYU Langone Medical Center, dia mengatakan bahwa neurotransmitter bisa menenangkan sistem saraf dan menyebabkan kantuk, selain itu juga bisa melancarkan pencernaan. 

Berdasarkan hasil penelitian para ilmuwan yang berasal dari Duke University School of Medicine menambahkan bahwa tusukan jarum akupuntur mampu mengendorkan otot perut yang tegang akibat adanya kontraksi.

Hot Flashes

Salah satu manfaat akupuntur adalah mampu menurunkan hot flashes. Sebuah riset yang telah dilakukan menyatakan bahwa pengobatan dengan metode akupuntur efektif terhadap hot flashes karena mampu mengurangi sekitar 50%. 

Selain itu setelah anda melakukan terapi dengan metode ini, efeknya masih akan terasa hingga 3 bulan. Cara kerja akupuntur adalah dengan mengatur sistem vasomotor (bagian dari sistem saraf yang berfungsi untuk mengontrol diameter pembuluh darah). 

Sistem vasomotor sangat berperan dalam mengontrol efek panas tubuh karena sistem yang satu ini mampu mengatur hal-hal yang bisa memicu panas tubuh seperti tekanan darah, pelebaran pembuluh darah dan denyut jantung.

Efek Samping Kemoterapi

Manfaat akupuntur yang berikutnya adalah mampu mengurangi gejala atau efek yang ditimbulkan oleh pengobatan kemoterapi. 

Karena biasanya ketika menjalani terapi ini penderita akan mengalami hal yang kurang menyenangkan seperti mual dan nyeri. 

Tak hanya itu kemoterapi juga memberikan efek neurologis pada pasien seperti pusing, gatal, atau kesemutan dan efek neurologis ini bisa diturunkan dengan terapi akupuntur. 

Selain itu kemoterapi juga bisa mengakibatkan penderita merasakan sakit yang bertahan lama, kelelahan, depresi dan menurunnya sistem kekebalan tubuh dan semua efek ini bisa diatasi dengan terapi akupuntur. 

Ta hanya itu, terapi akupuntur juga mampu merangsang tubuh dalam memproduksi fibroblast, sel jaringan ikat yang sangat bermanfaat dalam meyembuhkan luka, dengan begitu luka yang terbuka akan cepat menutup dan sembuh.

Stres, Cemas dan Depresi Ringan

Stres, cemas, dan depresi ringan dapat teratasi dengan manfaat akupuntur. Seperti yang sudah kita bahas diatas jika terapi akupuntur mampu melepaskan neurotransmitter (sejenis hormon endorfn) yang bermanfaat dalam menurunkan produksi hormon kortisol (hormon yang lmenyebabkan stres). 

Selain itu terapi akupuntur juga mampu melancarkan sirkulasi darah sehingga sirkulasi oksigen dalam tubuh menjadi lancar dan tubuh tidak akan kekurangan oksigen dengan begitu hormon kortisol akan terlepas sehingga pikiran akan semakin tenang.

Nyeri

Nyeri memang sangat mengganggu saat kita melakukan aktivitas karena ini bisa membuat kita tidak focus dan mengganggu pergerakan tubuh. 

Dr. Brian Berman, direktur Center for Integrative Medicine University of Maryland, AS mengatakan bahwa akupuntur sangat efektif mengobati osteotritis lutut dan nyeri pada punggung bagian bawah. 

Penelitian telah dilakukan sejak beberapaa tahun lalu dan hasilnya menunjukkan bahwa pengobatan secara akupuntur lebih efektif jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional. 

Selain itu akupuntur juga diyakini mampu mengurangi gejala migrain, itulah semua kelebihan yang bisa kita nikmati dari manfaat akupuntur.

Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Akupuntur Untuk Kesehatan"