Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12 Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

12 Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Daging ayam. Siapa yang tak kenal? Semua juga pasti sudah pernah makan. Nah, ini dia manfaatnya…

Salah satu lauk paling populer di Indonesia adalah daging ayam. Hampir semua kalangan pernah menikmatinya. 

Manfaat daging ayam paling pertama tentulah memancing nafsu makan kita. Masih ingat kan dengan seruan “Ayam goreeeng” ala Upin dan Ipin? Anak kecil saja tahu manfaat daging ayam.

Daging ayam memang ada dua macam; dari ayam kampung dan dari ayam potong alias broiler dan disebut juga ayam pejantan. 

Secara harga ayam kampung bisa lebih mahal daripada ayam potong. Hal itu juga berkaitan dengan kualitas dan kandungan nutrisi dan hal lainnya. 

Mengingat memang ayam potong hidup dengan pakan dan obat, sehingga memang mengonsumsi daging ayam kampung cenderung lebih sehat.

12 Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat daging ayam amatlah banyak, baik untuk kesehatan secara umum maupun untuk ibu hamil dan janinnya. 

Ayam kampung memiliki manfaat lebih beragama ketimbang daging ayam potong. Namun secara umum keduanya memiliki berbagai macam nutrisi dan manfaat yang dibutuhkan tubuh. 

Berikut ini akan kami bahas sebagiannya secara lebih rinci.

1. Zat Besinya Untuk Mencegah Anemia

Manfaat daging ayam yang terkait dengan pencegahan anemia adalah bersumber dari kandungan zat besinya. Per 100 gram daging ayam terdapat 1,5 gram zat besi. 

Karena itulah wanita haid juga dianjurkan untuk konsumsi daging ayam agar mengatasi kurang darah. 

Selain zat besi, ada vitamin B 5 yang memberi efek tenang sehingga mengurangi stress. Karena adanya zat besi itu pula maka daging ayam disarankan pula untuk ibu hamil.

2. Mineralnya Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daging ayam memiliki kandungan berbagai mineral yang diperlukan tubuh. Mineral ini sangat penting untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Maka dari itulah, bagi penderita flu ataupun sakit lainnya yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh, biasanya dianjurkan untuk makan sup ayam hangat.

3. Daging Ayam Untuk Keseimbangan Kolesterol

Meskipun kabar bahwa dagin ayam memiliki kandungan kolesterol, namun ada sisi lain yang membuatnya baik dikonsumsi. Ini karena adanya kandungan niacin yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. 

Karena itulah daging ayam justru berguna untuk menyeimbangkan kolesterol orang yang memakannya. 

Namun disarankan untuk Anda yang memiliki penyakit kolesterol agar mengonsumsi daging ayam tanpa digoreng. Cukup direbus saja.

4. Proteinnya Memperkuat Tulang Dan Menambah Masa Otot

Tak diragukan lagi bahwa daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi. Ini sangat berguna untuk meningkatkan berat badan sekaligus menambah massa otot. 

Para atlet binaraga sudah terbiasa mengonsumsi daging ayam rebus untuk mendapatkan manfaat ini. Bagi Anda yang pertama kali mencoba daging ayam rebus, tentu akan merasa aneh. 

Namun memang begitulah cara mengolahnya karena memang untuk mendapatkan protein tanpa lemak.

5. Daging Ayam Untuk Untuk Pertumbuhan Anak

Daging ayam mengandung fosfor dan kalium yang beguna bagi pertumbuhan anak-anak. Kedua zat ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan kekuatan mereka.

6. Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan Organ Pria

Untuk pria dewasa, daging ayam ternyata bermanfaat untuk organ reproduksinya. Daging ayam diketahui dapat mengingkatkan hormon testosterone, sehingga produ

Selain itu, kandungan fosfor dan kalsiumnya juga sangat berguna bagi tubuh kita terutama bagi pertumbuhan anak. 

Kenapa? Karena dua zat penting ini dapat membantu pertumbuhan tulang dan memperkuatnya, sehingga tidak hanya baik untuk anak tapi juga untuk Anda. 

Dalam hubungannya dengan pria dan organ reproduksinya, daging ayam juga baik dikonsumsi pria untuk meningkatkan salah satu hormonnya yaitu hormon testostoreon.

Testosteron sediri adalah hormon seks laki-laki yang pengaruhnya bukan hanya sekedar dorongan seks. 

Hormon ini berpengaruh juga terhadap pembentukan tulang dan juga dengan kesehatan otot, produksi sperma, serta pertumbuhan rambut. 

Seiring pertambahan usia dan adanya penyaklti kronis, seorang pria bisa kehilangan hormon ini. Karena itu jagalah produksi hormon testosteron ini dengan konsumsi daging ayam.

7. Manfaat Kolagen Di Balik Ceker Ayam

Manfaat daging ayam mulai poin ketujuh ini terfokus pada ceker ayam. Hal ini karena anggapan sebagian orang yang mengatakan bawha ceker itu kurang bagus dikonsumsi dan tak seberapa memiliki daging. 

Sebagian orang juga berpendapat bahwa ceker atau kaki ayam rentan menimbulkan penyakit. Hal ini tak lepas dari posisinya yang dibawah dan digunakan untuk mengais-ngais kotoran dan sampah. Namun itu tak sepenuhnya benar. 

Sebab ternyata ceker ayam justru memiliki berbagai kandungan nutrisi yang berguna. Bahkan ceker ayam juga berguna bagi ibu hamil. 

Selain itu harga ceker ayam tentu lebih murah dibanding daging tubuh lainnya.

Manfaat ceker ayam tak lepas dari kandungan gizinya juga. Adanya kolagen dalam ceker ayam merupakan sumber alternatif untuk mendukung daya tahan tubuh ibu hamil. 

Biasanya kolagen bisa didapat dari daging dan ikan laut. Namun dengan adanya ceker ayam, Anda bisa mendapat sumber kolagen alternatifnya.

8. Hydroxyapatite Dalam Ceker Ayam Untuk Anti Rematik

Manfaat daging ayam di bagian cekernya disebabkan juga adanya Hyroxyapatite yang fungsinya untuk peremajaan dan penguatan tulang. 

Bagi ibu hamil, zat tersebut penting untuk menghindarkannya dari serangan rematik, nyeri sendi maupun kerapuhan tulang dalam masa kehamilan serta mencegah osteoporosis pasca melahirkan.

Selain itu ceker ayam juga mengandung kartilago dan didukung zat glukosamin dan kondoritin. Keduanya meruopakan obat alami sebagai anti radang.

9. Zat Asam Amino Dalam Ceker Ayam Untuk Kesehatan Janin

Manfaat ceker ayam sebagai bagian dari daging ayam secara utuh tak bisa diremehkan. Karena di ceker terdapat asam amino yang berguna untuk merangsang terbentuknya sel baru dalam tubuh. 

Asam amino yang mencakup lisin, hidorksiprolin, prolin, glisin dan grinin ini juga berguna untuk memperbaiki fungsi jaringan dan membuat kerja hormon bisa selaras.

10. Omega 3 dan 6 Dalam Ceker Ayam Untuk Kecerdasan Janin

Nah, manfaat ceker ayam bagi ibu hamil juga dari adanya omega 3 dan 6 ini. Keduanya berguna untuk merangsang pertumbuhan otak agar anak kelak cerdas, membuat pembuluh darah lebih rileks sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi, dan juga untuk memperkuat kekebalan tubuh.

11. Protein Dalam Ceker Ayam Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat daging ayam untuk ibu hamil yang terdapat dalam cekernya adalah dari adanya kandungan protein. 

Selain untuk menjaga berat badan protein juga sangat baik untuk proses tumbuh kembang janin.

Karenanya bagi ibu hamil, perlu sekali mengonsumsi baik daging atau ceker ayam dengan porsi dan cara memasak yang tepat.

12. Kalsium Dalam Ceker Ayam Juga Bagus Untuk Ibu Hamil

Ceker ayam juga mengandung kalsium yang berfungsi membentuk jaringan tulang dan gigi sekaligus memperbaikinya. 

Kalsium juga berguna untuk memperlancar sirkulasi darah agar jantung dan seluruh organ tubuh bisa bekerja dengan optimal.

Penutup

Nah, bagaimana ulasan tentang manfaat daging ayam bagi kesehatan ini? Lumayan lengkap bukan? 

Sejak dari kesehatan secara umum, bagi ibu hamil, soal manfaat ceker ayam hingga bahaya konsumsi daging ayam broiler bagi ibu hamil dan anak laki-laki. Semoga bermanfaat.

Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "12 Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil"