Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12 Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

12 Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

Ada beragam jenis daun sirih. Ada sirih hijau, kuning, merah dan sirih hitam. Masing-masing jenis sirih memiliki khasiat dan manfaat yang tersendiri. 

Biasanya manfaat daun dirih hanya seputar kesehatan, baik badan maupun organ kewanitaan. 

Namun tahukah Anda? Ada banyak manfaat sirih untuk kecantikan wajah seperti yang kali ini akan kami bahas.

Jika beberapa waktu lalu, kita telah bahas tentang manfaat daun sirih untuk wanita, maka kali ini akan kita ulas tentang manfaat daun sirih untuk kecantikan wajah. 

Sebelum lebih jauh, perlu kita tahu beberapa kandungan berkhasiat dalam daun sirih. Dalam daun sirih terdapat Flavonoid, Senyawa aktif tanin, Minyak astsiri, Senyawa kuat Saponin, Zat Fenil, propoda, Zat terpenana, Zat hidroksikaficol, Senyawa karvokrol, Senyawa Allylprokatekol, Zat P-Cymene, Zat Cineole dan Coryofelen. 

Semua senyawa ini memiliki sifat sebagai antioksidan, antibiotik, antikanker, antiseptik sekaligus sebagai anti inflamasi yang ampuh. 

Bahkan kandungan senyawa dalam daun sirih ampuh untuk melawan sel kanker pada kulit.

Melihat berbagai kandungan senyawa aktif dalam daun sirih, wajar jika daun ini merupakan bahan alami yang banyak manfaat. Meski lebih terkenal sebagai obat alami untuk kesehatan organ kewanitaan dan sebagai penghenti mimisan, 

12 Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

Ada berbagai manfaat daun sirih untuk kecantikan wajah. Mulai dari soal jerawat hingga komedo. Berikut ini rinciannya …

1. Daun Sirih Untuk Menyembuhkan Jerawat Yang Meradang Dan Jerawat Batu

Daun sirih bermanfaat untuk meredakan, mengempiskan sekaligus menyembuhkan radang yang terjadi pada jerawat. Terlebih jerawat batu yang biasanya terasa sakit ketika disentuh. 

Ini adalah khasiat dari sifat anti inflamasi dalam daun sirih. Caranya, haluskan daun sirih kemudian oleskan ke bagian jerawat yang sedang radang. 

Dengan pengobatan rutin pada pagi dan sore hari maka jerawat akan segera sembuh.

2. Daun Sirih Untuk Mengecilkan pori-pori wajah

Antiseptik dalam daun sirih bermanfaat untuk memperkecil poru-pori kulit wajah sehingga wajah nampak lebih mulus. 

Pelebaran pori-pori biasa terjadi akibat pemakaian make up. 

Caranya adalah haluskan beberapa lembar daun sirih lalu oleskan ke wajah saat menjelang tidur malam hari. Diamkan sekitar 20 menit lalu bilas sampai bersih.

3. Daun Sirih Untuk Memudarkan Flek Hitam Dan Bekas Jerawat

Warna kulit yang terpapar sinar UV sering menjadi hitam atau timbul flek. Flek hitam muga muncul akibat bekas jerawat maupun make up. 

Untuk menghilangkan flek hitam di wajah, haluskanlah daun sirih lalu campurlah dengan air perasan jeruk nipis. Oleskan ke wajah Anda lalu diamkan selam 20 menit. 

Terakhir bilaslah dengan air bersih. Dengan rutin melakukan perawatan ini maka flek hitam di wajah akan hilang.

4. Daun Sirih Untuk Mengobati Gatal Pada Kulit Wajah

Untuk menyembuhkan ruam dan gatak di wajah, rebuslah daun sirih. Setelah mendidih dinginkan air rebusan tersebut selama satu hari. 

Pada pagi harinya gunakanlah untuk mencuci muka, lalu bilas dengna air bersih.

5. Daun Sirih Untuk Mengeringkan Luka Pada Wajah

Saat Anda mengalami luka ringan di wajah, janganlah dibiarkan. Mungkin akibat Anda sembarangan memencet jerawat, kena goresan benda kecil dan sebagainya. 

Segeralah atasi dengan daun sirih. Caranya haluskan daun sirih lalu balurkan pada bagian luka lalu dan diamkan selama 30 menit. 

Senyawa antiinflamasi dan anti biotik dalam daun sirih akan meresap dan membuat luka segera sembuh.

6. Daun Sirih Membantu Mengangkat Kotoran Dan Debu Di Wajah

Kotoran dan debu di wajah harus Anda bersihkah agar tidak muncul jerawat. Gunakan air rebusan daun sirih untuk cuci muka saat pagi hari. 

Diamkan sejenak lalu bilas dengan air bersih.

7. Daun Sirih Untuk Membunuh Bakteri Penyebab Bisul Di Wajah

Senyawa anti inflamasi dalam daun sirih sangat berguna untuk mengatasi bisul di wajah. Bisul ini mungkin sebenarnya jerawat yang meradang. 

Haluskanlah sejumlah daun sirih lalu peras airnya. Tambahkan dengan air perasan kunyit. 

Oleskan campuran tersebut ke bagian wajah lalu diamkan selama 20 menit. Setelah bilaslah sampai bersih.

8. Daun Sirih Untuk Mencegah Dan Mengatasi Panu Di Wajah

Panu di wajah tentunya sangat menggangu penampilan Anda. Sedangkan obat panu biasanya bersifat keras dan meninggalkan bekas di kulit. 

Nah, manfaat daun sirih untuk wajah salah satunya adalah untuk mengatasi panu sekaligus mencegahnya. 

Haluskanlah daun sirih, dan parutlah lengkuas. Ambil air lengkuas lalu tambahkan ke dalam daun sirih yang telah halus. 

Gunakan untuk mengoles panu di wajah lalu diamkan selama 20 menit, kemudian bilaslah. Dengan pengobatan 2 kali sehari, maka panu di wajah akan segera hilang.

9. Daun Sirih Untuk Mencegah Munculnya Komedo

Manfaat daun sirih untuk wajah selanjutnya adalah untuk mengatasi sekaligus mencegah komedo. Rebuslah daun sirih secukupnya, setelah mendidih dan warna airnya berubah, angkat dan biarkan dingin. 

Selanjutnya haluskanlah sejumlah daun sirih kemudian balurkan pada bagian hidung dan wilayah wajah yang sering berkomedo. 

Tak berapa lama komedo akan keluar sendiri tanpa dipencet. Bersihkanlah komedo yang keluar menggunakan air rebusan daun sirih. 

Dengan perawatan ini komedo akan hilang dan sekaligus tercegah untuk muncul kembali.

10. Daun Sirih Menghambat Sel Kanker Kulit

Manfaat daun sirih untuk wajah juga dikuatkan dengan adanya senyawa alkoloid. Senyawa ini berkhasiat memblokir dan menghancurkan proses pertumbuhan sel kanker kulit.

11. Daun Sirih Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat daun sirih dapat Anda rasakan lebih baik lagi jika setiap pulang kerja atau aktivitas luar Anda segera cuci muka dengan air sirih. 

Dengan merutinkan kegiatan ini, maka kulit wajah Anda akan menjadi kencang dan selalu segar terbebas dari kelelahan.

12. Daun Sirih Mengontrol Minyak Berlebih

Jika Anda selalu melakukan perawatan wajah dengan masker daun sirih, maka Anda akan rasakan manfaatnya. Wajah akan terasa segar, cerah, tidak berminyak dan tentunya bebas jerawat dan komedo. 

Kandungan minyak atsiri dalam daun sirih ini merupakan bahan penting untuk mengontrol kadar minyak di wajah.

Penutup

Demikian ulasan lengkap tentang manfaat daun sirih untuk kecantikan wajah. Lakukan perawatan rutin dengan bahan alami ini agar wajah Anda lebih bersih, kencang, bersinar dan memesona. Semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "12 Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah"