Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

12 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

Manfaat Buah-Buahan - Buah melon memang segar dan menghilangkan dahaga. Sering diolah bersama semangka dan lainnya menjadi es buah. Apa saja menfaatnya?

Buah melon memang sudah jadi salah satu buah rakyat. Selain harganya terjangkau juga mudah didapat. 

Dulu ketika awal-awal dibudidayakan di Indonesia, sekitar tahun 1970, buah melon merupakan buah berkelas dan hanya bisa dinikmati kalangan tertentu. 

Buah yang berasal dari lembah lembah Persia, Mediterania ini menyebar ke Eropa dan timur tengah. Konon penyebarannya ke Amerika adalah karena dibawa Columbus pada abad 14. 

Buah manis dan berbau harum yang khas ini memiliki banyak manfaat. Sebagian akan kami bahas dalam artikel seputar manfaat buah melon untuk kesehatan dan ibu hamil ini.

Buah melon tergolong salah satu dari buah yang memiliki kadar air tinggi. Kadar air dalam buah melon mencapai 90% dengan rasa yang manis. 

Sangat cocok untuk menu saat berbuka puasa, saat kepanasan dan kehausan. Kandungan gizinya pun cukup tinggi. 

Dalam 100 gram daging buah melon saja ada beberapa zat gizi penting. 

Rinciannya adalah karbohidrat 14,8 gr, protein 1,55 gr, lemak 0,5 gr, potassium 546,9 mg, vitamin A 5.706,5 IU (mencukupi 64 persen kebutuhan vitmain A harian), dan vitamin C 74,7 mg (mencukupi 12 persen kebutuhan vitamin C harian.

8 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Melihat kandungan nutrisi dalam buah melon, wajarlah jika buah ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. 

Buah melon sendiri juga memiliki beragam jenis. Ada melon merah, kuning, madu, dan melon orange. Berikut ini rincian manfaat buah lemon untuk kesehatan.

Mencegah Serangan Jantung

Buah melon memiliki kandungan adenosine yang berguna untuk menghentikan peredaran sel darah yang mengakibatkan serangan jantung ataupun stroke. 

Prosesnya adalah dengan melancarkan peredaran sel darah merah yang mana sel darah ini dapat mengurangi risiko serangna jantung dan stroke.

Mencegah Penyakit Kanker

Bauh melon juga memiliki kandungan karotenoid. Zat ini adalah pogmen yang memberi warna pada buah maupun sayuran. 

Kandungan karotenoid dalam jumlah yang tinggi dan terdapat dalam buah melon bermanfaat untuk mencegah serangan kanker.

Beta Karotennya Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah melon selanjutnya adalah didukung kandungan betakaroten yang selanjutnya diubah menjadi citamin A oleh tubuh. 

Vitamin A inilah yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan Antioksidannya Untuk Membasmi Radikal Bebas

Selain Beta karoten, kandungan zat anti oksidan dalam buah melon adalah lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. 

Keempat serangkai ini menjadi benteng pelindung tubuh dari serangan radikal bebas. Sehingga berbagai ancaman penyakit ke usus besar, prostat, payidara, paru-paru bisa dicegah.

Kaliumnya Untuk Mencegah Penyakit Stroke

Dalam 100 gram buah melon, terdapat 267 mg elektrolit atau kalium. Kalium ini merupakan salah satu komponen sangat penting yang membantu kontrol terhadap detak jantung dan tekanan darah. 

Dengan terkendalinya detak jantung dan tekanan darah, maka penyakti stroke dan jantung akan tercegah.

Kandungan Airnya Mampu Meredakan Mulas

Kandungan air dalam buah melon memiliki efek menenangkan. Sehingga bagi penderita maag, buah melon bisa nermanfaat untuk meringankan mulas dan sakit maag.

Kolagennya Menyehatkan Kulit

Buah melon juga memiliki kandungan kolagen. Senyawa protein ini yang berguna dalam mempengaruhi struktur sel kulit. 

Kolagen juga berfungsi mempercepat penyembuhan luka dan membuat kulit tetap kencang. Dengan sering makan buah melon, maka kulit Anda akan tampak lebih halus dan kencang.

Melon Menunda Lapar Sehingga Mendukung Diet Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan, maka melon cocok Anda jadikan menu. Buah melon memiliki kandungan sodium yang rendah, bebas lemak dan kolesterol serta rendah kalori. 

Buah melon juga memiliki efek menunda kenyang sebab adanya kandungan air di dalamnya. Jadi, dengan mengonsumsi buah melon, diet anda akan terbantu.

4 Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil

Sementara itu, untuk ibu hamil buah melon juga memiliki manfaat. Bahkan buah melon disarankan oleh dokter agar dikonsumsi oleh para ibu hamil. 

Berikut ini 4 manfaat buah melon untuk ibu hamil, melanjutkan urutan poin di atas.

Mengatasi Rasa Mual yang Berlebihan

Pada masa awal kehamilan biasanya para ibu hamil mengalami mual. Rasa mual ini terkadang sangat mengganggu. 

Namun cobalah mengonsumsi buah melon agar rasa mual tersebut berkurang.

Kandungan Airnya Mencegah Dehidrasi

Seperti diketahui sebelumnya, kandungan air dalam melon yang mencapai 90% akan sangat membantu para ibu hamil agar segar. 

Kandungan air tersebut akan membarukan asupan kesegaran pada tubuh. Saat cuaca yang panas, sedangkan hanya minum air saja kadang malah mual, maka buah melon lah solusinya.

Buah Melon Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Seiring membesarnya kandungan, otot perut sering tertekan dan banyak ibu hamil mengeluhkan sembelit. Hal ini tentu menggangu. 

Karena itu, cobalah mendapatkan manfaat buah melon untuk ibu hamil dengan rutin mengonsumsinya agar sembelit bisa diatasi.

Menormalkan Tekanan Darah

Kandaungan kalium yang cukup tinggi dalam buah melon juga berguna bagi ibu hamil untuk mengatur tekanan darah agar normal. 

Kondisi tekanan darah tinggi bagi ibu hamil sangatlah berbahaya, jadi jagalah kestabilannya dengan mengonsumsi buah melon.

Akhir Kata

Demikianlah luar biasanya manfaat buah melon untuk kesehatan maupun untuk ibu hamil. Jadi mulai sekarang jadikan buah melon sebagai salah satu buah harian Anda. Semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "12 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil"