Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan

10 Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan

Daging sapi sudah terkenal sebagai salah satu bahan makanan warga Indonesia, terutama bakso. Nah apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda?

Daging sapi sudah terkenal dalam berbagai menu keseharian kita. Bakso yang merupakan salah satu makanan favorit Indonesia pun memasukkan daging sapi dalam daftar bahan pokoknya. 

Tak heran jika daging sapi mahal harganya. Manfaat daging sapi bagi tubuh kita tentunya akan membuat Anda semakin suka daging hewan satu ini. 

Harga mahal memang sebanding dengan manfaatnya. Kita bahas lebih lengkap yuuk.

Karena berbagai kandungan gizi dalam daging sapi, maka daging sapi pun ounya manfaat untuk kesehatan secara umum, manfaat bagi ibu hamil dan juga untuk janin. Sehingga daging sapi memang cocok dikonsumsi semua orang.

10 Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, Janin, Hingga Untuk Kucing

Daging sapi memang kaya manfaat. Ini tak lepas dari berbagai nutrisi yang dikandungnya. Hingga daging yang lezat dan digemari banyak orang ini punya manfaat untuk manusia sampai hewan peliharaan seperti kucing. 

Nah, berikut ini sebagian dari manfaat daging sapi untuk tubuh kita, untuk ibu hamil dan janin tak ketinggalan untuk hewan kesayangan, yaitu kucing.

1. Proteinnya Baik Untuk Otot

Dalam daging sapi terdapat kandungan gizi berupa protein hewani. Memang protein bisa kita dapat dari makanan lain seprti tahu dan tempe, namun itu adalah protein nabati. 

Sedang protein hewani tentunya berasal dari daging hewan seperti sapi. 

Protein hewani sangat penting untuk tubuh kita, khususnya dalam menambah massa otot dan menambah berat badan. 

Karena itu bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan hendaknya sekali-kali diberi daging sapi.

2. Zat Besinya Mencegah Anemia

Zat besi dalam dagin sapi cukup tinggi. Dalam setiap 100 gramnya, terdapat 14% dari total kebutuhan harian terhadap zat besi. 

Sebagaimana kita tahu bahwa zat besi ini sangat penting untuk mencegah dan mengobati anemia.

Sedangkan untuk anak-anak, zat besi penting untuk meningkatkan sistem kekebalam tubuh dan mencegah serta mengobati anemia. 

Dengan nutrisi daging sapi, maka anak Anda kan lebih giat belajar dan aktif dalam kesehariannya.

3. Selenium dan Zinc Membantu Sistem Imunitas

Daging sapi juga mengandung selenium dan zinc yang merupakan zat yang berguna untuk peningkatan sistem imunitas atau kekbalan tubuh. 

Sedangkan bagi kaum pria, zinc dalam daging sapi berguna untuk memperbaiki produksi sperma.

4. Vitamin B Kompleks Meningkatkan Konsentrasi

Bagi Anda yang harus bekerja dalam konsentrasi penuh dan mengandlaknan daya ingat, pastilah membutuhkan daging sapi. 

Kandungan vitamin B kompleks dalam daging sapi akan berguna untuk mempertajam daya ingta dan meningkatkan konsentrasi. 

Karena itulah manfaat daging sapi juga teruntuk anak-anak Anda yangdalam masa belajar di bangku sekolah.

5. Omega 3 Dalam Daging Sapi Bagus Untuk Sistem Otak dan Fungsi Jantung

Omega 3 tidak hanya ada dalam daging ikan air, namun juga ada dalam daging sapi. 

Karena itulah daging sapi bermanfaat untuk membantu pemeliharaan dan penjagaan sistem saraf pusat/otak dan juga membantu fungsi dan kinerja jantung dan hati.

6. Lemak Daging Sapi Meningkatkan Energi

Seperti daging pada umumnya, daging sapi juga memiliki kandungan lemak sebanyak 14% per 100 gramnya. 

Lemak ini berfungsi untuk meningkatkan energi dan menjadi sumber tenaga tambahan untuk menjalani kegiatan kita setiap harinya.

7. Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan

Manfaat daging sapi dari sisi kandungan gizi telah diuraikan diatas. Sedangkan secara aspek kesehatan langsung, maka daging sapi punya banyak sekali manfaat. 

Antara lain manfaat tersebut adalah daging sapi bermanfaat untuk membuat otot menjadi lebih kencang dan kuat, sebagai sumber energi, menjaga kesehatan untuk semua umur, mencegah diabetes dan kegemukan/obesitas, membantu menjaga berat badan, membantu kesehatan organ otak, untuk penyembuhan luka, menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, meningkatkan produksi sel darah merah sekaligus mencegah anemia. 

Bahkan dengan konsumsi yang wajar, dagin sapi berguna untuk menjaga kesehatan kulit hingga mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.

8. Manfaat Daging Sapi Untuk Ibu Hamil

Para ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih untuk perkembangan janinnya. Nah, daging sapi yang memiliki kandungan nutrisi, zat besi, dan zinc sangat bermanfaat untuk ibu hamil. 

Istimewanya, zat besi dalam daging sapi menurut para ahli lebih mudah diserap oleh tubuh daripada sumber yang lain.

Bagi ibu hamil, zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah dan menjaga normalnya fungsi tubuh. 

Kekurangan zat besi pada ibu hamil akan berakibat menurunnya konsentrasi, merasa kedinginan dan rentan terserang infeksi. 

Demikian pula protein dalam daging sapi akan mencukupi kebutuhan ibu hamil. Sementara unsur zinc akan membantu sistem kekbalan tubuh agar ibu hamil tidak mudah sakit.

9. Maanfaat Daging Sapi Bagi Janin

Seperti halnya pada ibu hamil, manfaat daging sapi juga tertuju untuk sang janin. Kandungan zat besi, protein, zinc dalam daging sapi akan sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin. 

Nutrisi tersebut diserap janin dari ibu yang mengonsumsi daging sapi.

Karena pentingnya manfaat daging sapi untuk ibu hamil dan janinnya ini, maka disarankan untuk para ibu hamil agar mengonsumsi 225-300 gram daging sapi dalam setiap pekannya. 

Alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil dan janin tersebut adalah dari daging ayam, ikan, tahu, kacang-kacangan, ataupun tempe. 

Ini sangta penting mengingat kebutuhan seorang ibu hamil terhadap zat besi adalah 27 mg perharinya. 

Yang mana ini lebih banyak 9 mg daripada kebutuhan seorang ibu ketika tidak mengandung. 

Karena itu pastikanlah asupan gizi dan nutrisi ibu hamil terpenuhi agar perkembangan dan pertumbuhan fisik maupun otak janin dapat sempurna.

10. Manfaat Daging Sapi Untuk Kucing

Kucing merupakan hewan peliharaan yang tergolong carnivora alias pemakan daging. Karena itulah daging akan membuat nafsu makan kucing peliharaan Anda meningkat. 

Demikian pula dengan daging sapi, merupakan salah satu menu yang disarankan untuk kucing Anda. Agar lebih sehat maka sebaiknya daging sapi untuk kucing juga dimasak dahulu.

Penutup

Begitulah berbagai manfaat daging sapi untuk kesehatan, untuk ibu hamil dan janin, sampai untuk kucing. 

Banyak sekali manfaatnya ya? Meskipun mahal, usahakanlah untuk memberi nutrisi daging sapi semampu Anda demi kesehatan keluarga. Semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan"